News Kota   2022/03/25 10:37 WIB

Selamatan Sudah Menjadi Tradisi, 'untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H'

Selamatan Sudah Menjadi Tradisi, 'untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H'
Warga menyambut bulan suci Ramadhan dengan melakukan doa dan syukuran.

PEKANBARU - Meski dimasa pandemi Covid-19, masyarakat tetap menjaga tradisi selamatan (doa dan syukuran) untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H.

Seperti malam Jumat 24 Maret 2022, warga dilingkungan RT03/RW03, Kelurahan Sidomulio Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru mengadakan doa dan syukuran menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H/ 2022 M.

Doa dan syukuran ini diadakan di rumah RT03 Indra Kurniawan. "Setelah melewati berbagai rangkaian kegiatan dilingkungan RT dan Alhamdulillah memberikan hasil yang memuaskan," kata Indra Kurniawan.

Warga RT03 melakukan penyambutan bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah dengan melakukan doa bersama.

Syukuran kali ini diikuti seluruh ibu PKK serta masyarakat yang berkesempatan hadir. Acara syukuran ini juga di isi dengan pemberian ceramah oleh ustad Zubir, yang berisi persiapan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Acara ini juga dimaksudkan untuk saling maaf memaafkan sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Warga dilingkungan RT03 mengucapkan “Marhaban Ya Ramadhan”, "semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari tahun kemaren, dan semoga ibadah yang kita lakukan nantinya di bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT. Aamiin..Taqabalallah Minna Waninkum, Selamat menunaikan ibadah puasa," dalam kata sambutan Ketua RT03.

Ramadan selalu disambut penuh suka cita oleh umat Islam. Bulan yang paling ditunggu ini menjadi momen istimewa untuk dirayakan. Tiap daerah memiliki tradisi dan keunikan tersendiri dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Ramadan disambut dengan sejumlah aktivitas. Kegiatan-kegiatan ini menjadi tradisi turun temurun yang masih dilakukan hingga saat ini. Tradisi menyambut Ramadan berinti pada mensucikan diri, saling bermaafan, dan menjalin silaturahmi. (rp.sul/*)

Tags : Ramadhan 1443 Hijriyah, Selamatan Sudah Menjadi Tradisi, Ramadhan di Pekanbaru, News Kota, Menyambut Bulan Suci ,