Headline Agama   2024/04/02 16:17 WIB

Semangat Berzakat Masyarakat Riau Diacungi Jempol yang Berhasil Kumpulkan Rp63,56 Miliar

Semangat Berzakat Masyarakat Riau Diacungi Jempol yang Berhasil Kumpulkan Rp63,56 Miliar
Masriadi Hasan, Ketua Baznas Provinsi Riau

PEKANBARU, RIAPAGI.COM - Semangat berzakat masyarakat Riau patut diacungi jempol dengan pertumbuhan pengumpulan zakat yang mencapai angka membanggakan.

"Semangat berzakat masyarakat Riau diacungi jempol."

"Pengumpulannya cukup signifikan dan tentunya tidak lepas dari semangat masyarakat Riau dalam mengumpulkan zakat serta dukungan Pemprov riau," kata Masriadi Hasan, Ketua Baznas Provinsi Riau, Senin (1/4).

Masriadi Hasan menyatakan, sejak tahun 2021, pengumpulan zakat di Provinsi Riau terus meningkat secara signifikan.

Menurut Masriadi, pada tahun 2022, jumlah pengumpulan zakat meningkat menjadi Rp39 miliar. Angka ini terus meroket pada tahun 2023, mencapai Rp63,56 miliar.

"Dengan meningkatnya pengumpulan zakat di riau, secara otomatis meningkat pula peranan Baznas dalam membantu Pemprov riau untuk menanggulangi permasalahan sosial yang berada di riau," imbuhnya.

Pada tahun 2023, sebanyak 22.770 orang menerima manfaat dari program zakat, meliputi Riau Makmur, Riau Sehat, Riau Dakwah, Riau Cerdas dan Riau Peduli.

"Melalui program riau cerdas, Pemprov riau dapat membantu para siswa-siswi yang masa pendidikannya terancam karena tidak memiliki biaya," jelasnya.

Baznas Riau juga telah berkolaborasi dengan RSUD untuk menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu melalui program Riau Sehat.

"Semakin besar gerakan zakat, maka semakin banyak yang bisa kita berikan kepada umat ini, kemiskinan di riau masih ada, dan itu menjadi tugas kita bersama," tandasnya.

"Mudah-mudahan dengan zakat yang begitu baik, akan mensatangkan keberkahan bagi provinsi riau, masyarakat riau, dan para muzakki yang telah menunaikan zakatnya," tukasnya. (*)

Tags : zakat, semangat berzakat, zakat masyarakat riau, zakat riau terkumpul Rp63, 56, miliar,