Riau   2023/12/19 15:24 WIB

Serangan Hujan Dibaringi Petir dan Angin Kencang Buat Lingkungan Berantakan, 'BPBD Sikapi Dampaknya Seperti Banjir'

Serangan Hujan Dibaringi Petir dan Angin Kencang Buat Lingkungan Berantakan, 'BPBD Sikapi Dampaknya Seperti Banjir'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sekarang hujan dibaringi petir dan angin kencang terjadi di Riau buat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menghadapi serentetan banjir yang sudah terdampak pada lima kabupaten yang ada.

"Cuaca ekstrem sudah buat banjir di daerah."

"Rohul saat ini sudah mulai surut, namun, di Bengkalis, sekitar 50 kepala keluarga harus mengungsi karena rumah mereka terendam," kata Kepala Pelaksana BPBD Riau, M Edy Afrizal, melalui Kabid Kedaruratan Jim Gafur.

Tetapi Kabupaten yang terkena dampak banjir saat ini antara lain Bengkalis, Rokan Hulu [Rohul], Kuantan Singingi [Kuansing], Rokan Hilir [Rohil[, dan Kampar.

Bantuan logistik sudah dikirimkan ke Bengkalis untuk membantu warga yang terdampak. Di samping itu, Kabupaten Kuansing dan Kampar baru-baru ini mengalami banjir, dan BPBD Riau sedang berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk menilai kondisi terkini.

Bantuan akan dikirim jika diperlukan.

Menyadari kondisi cuaca yang tidak menentu, BPBD Riau telah mengirim surat peringatan kepada pemerintah 12 kabupaten/kota di Riau. Peringatan tersebut berdasarkan prakiraan daerah rawan banjir dari BMKG dan wilayah potensi longsor.

Pihaknya mendesak BPBD kabupaten/kota se-Riau untuk meningkatkan koordinasi, memonitor potensi ancaman banjir dan longsor. Termasuk mengambil langkah pencegahan demi meminimalkan dampak bencana. 

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika [BMKG] Riau memperingatkan warga terkait prediksi cuaca ekstrem di Provinsi Riau. Hari ini, Selasa 19 Desember 2023, diperkirakan akan terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, terutama di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya.

Menurut Anggun, petugas BMKG Riau, suhu udara diprediksi tidak begitu tinggi, mencapai sekitar 32 derajat Celsius.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Bisa terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, dan Kepulauan Meranti pada siang, sore, atau malam hari," ungkap Anggun.

Selain itu, tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0,5 hingga 1,25 meter [Rendah].

Warga di wilayah perairan Riau, Batam, dan Bintan diminta untuk mewaspadai hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

BMKG Riau mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca. Editor Riki menegaskan pentingnya kewaspadaan di tengah prediksi cuaca ekstrem ini.

Cuaca ekstrem berpotensi masih melanda 

BMKG juga memprediksi cuaca di Provinsi Riau bakal diguyur hujan lebat. Pihaknya menghimbau perlu waspadai cuaca ekstrem, ada potensi angin kencang, termasuk di Pekanbaru dan sekitarnya.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Kampar, dan Kepulauan Meranti pada sore atau malam dan dini hari," kata Ibnu Amiruddin, petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Riau, Senin (18/12).

Ia memprediksi suhu udara tak begitu terik mencapai 32 derajat celcius.

Sementara itu prakiraan tinggi gelombang laut berkisar antara 0,5 meter (tenang). Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi hingga siang hari di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau [Kepri].

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini, waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Riau.

"Cuaca ekstrim itu melanda kabupaten Rohul, pelalawan, Inhu, Kuansing, Rohil, bengkalis, kampar dan siak pada siang/sore, malam dan dini hari," kata Prakirawan BMKG, Bibin.

Bibin menuturkan, pada pagi hari, udara kabur-berawan dan ada potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi disebagian wilayah Kabupaten Rohul, Kampar, Meranti, Bengkalis, Siak dan Pelalawan.

"Pada siang-sore hari cuaca cerah berawan-berawan dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah kabupaten Rohil, bengkalis, Rohul, kampar, siak, pelalawan, Inhu, Inhil, Kuansing, kota dumai dan pekanbaru," tuturnya.

Masih kata Bibin, untuk malam hari cuaca cerah berawan-berawan, dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

"Sedangkan pada dini hari, udara kabur-berawan dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah provinsi riau," ujarnya. (*)

Tags : cuaca ekstrem, hujan dan angin kencang, cuaca ekstrem landapekanbaru, cuaca ekstrem buat banjir, serangan hujan petir dan angin kencang, cuaca ekstrem di riau,