Headline Pekanbaru   2022/05/02 15:16 WIB

Setelah Dua Tahun Ditiadakan, Shalat Ied di Lapangan Arhanudse Baterei A Kembali Digelar

Setelah Dua Tahun Ditiadakan, Shalat Ied di Lapangan Arhanudse Baterei A Kembali Digelar

PEKANBARU - Setelah dua tahun ditiadakan Shalat Ied, kini di Idul Fitri 1443 Hijriyah Tahun 2022 kembali digelar di lapangan Arhanudse Baterei A, Pekanbaru.

Pelaksanaan Salat Ied di Lapangan milik TNI AD di Arhanudse 13/ Bukit Barisan, di Jalan Subrantas, Panam, Pekanbaru di komplek militer ini di atas rumput warga Pekanbaru membentangkan sajadahnya.

Setelah dua tahun tutup tak menggelar shalat Idul Fitri, pada 2022 ini di Lapangan Arhanudse Baterei A, Pekanbaru akhirnya kembali bisa digunakan untuk menggelar shalat untuk warga sekitar Wilayah Kecamatan Tampan dan Marpoyan Damai serta masyarakat umum pada Senin (2/5/2022).

Tapi, pelaksanaan shalat Idul Fitri harus dilakukan dengan protokol kesehatan (Prokes) ketat. "Wajib memakai masker dan pengukuran suhu pada gerbang masuk, Prokesnya ketat," ujar Bayu salah satu warga.

Lapangan Arhanudse Baterei A, Pekanbaru dipergunakan untuk menggelar salat ied mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama No 8 Tahun 2022 Tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/2022. Pada poin 12 bahwa Pelaksanaan Shalat Ied dapat dilaksanakan di masjid atau di Lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Umat Islam wajib menyelenggarakan shalat Jumat dan boleh menyelenggarakan aktivitas ibadah yang melibatkan orang banyak," katanya.

Dilapangan, shaf dalam shalat pun sudah diperbolehkan untuk dirapatkan. Sehingga terkait dengan pembatasan jumlah disesuaikan dengan kapasitas di Lapangan lapangan Arhanudse Baterei A, Pekanbaru. 

Adapun aturan untuk masyarakat yang melaksanakan shalat ied di lapangan Arhanudse Baterei A, Pekanbaru terlihat tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker, memiliki aplikasi Peduli Lindungi yang kemungkinan besar akan diterapkan ketika memasuki Lapangan Arhanudse Baterei A, Pekanbaru, karena saat ini pun sudah diterapkan di Lapangan lapangan Arhanudse Baterei A, Pekanbaru.

Dengan diselenggarakannya shalat Ied berjamaah, semakin meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena nikmat solat Ied berjamaah yang Allah cabut pada 2 tahun terakhir karena Pandemi Covid 19 kini telah Allah berikan kembali.

Jadi, semoga pada momen shalat Ied ini semakin meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT. (*)

Tags : idul fitri, lebaran, idul fitri 2022, idul fitri, idul fitri 1443 h,