News   2024/08/14 14:11 WIB

SF Hariyanto Lengser: Sosok Rahman Hadi Calon Kuat Pj Gubri yang akan Dilantik Kamis Lusa

SF Hariyanto Lengser: Sosok Rahman Hadi Calon Kuat Pj Gubri yang akan Dilantik Kamis Lusa
Rahman Hadi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penjabat [Pj] Gubernur Riau SF Hariyanto telah mengundurkan diri untuk melaju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Maka dari itu, Kemendagri akan melantik penggantinya.

Dikabarkan pelantikan tersebut akan berlangsung pada besok lusa, Kamis (15/8/2024) di Jakarta.

"Pelantikan Pj Gubernur Riau informasinya 15 Agustus. Hanya saja waktunya belum tahu," kata sumber terpercaya yang enggan disebutkan namanya.

Adapun tiga calon nama dikabarkan jadi Penjabat [Pj] Gubernur Riau [Gubri] itu diantaranya, Dirjen Bina Kewilayahan Kemendagri Safrizal Zakaria Ali, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri La Ode Ahmad P Bolombo.

Selain itu, ada pula nama yang digadang-gadang jadi calon kuat menggantikan SF Hariyanto, yaitu Sekjen DPD RI Rahman Hadi.

Diketahui, Rahman Hadi merupakan pria kelahiran Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan pada 1969 tahun lalu. Ia menjabat Sekjen DPD RI sejak 14 Desember 2020 lalu.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat [Pj] Gubernur Riau SF Hariyanto telah memberi sinyal bahwa dirinya akan maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] 2024.

Hal itu disampaikannya pada pelantikan Pengurus FKUB, Kamis (8/8/2024).

"Saya sampaikan permohonan maaf. InsyaAllah tugas saya sebagai Pj Gubernur Riau akan berakhir Sabtu nanti," kata Pj Gubri.

Dirinya juga meminta maaf kepada masyarakat Riau, apabila selama kepemimpinan sebagai Penjabat Gubri kurang lebih lima bulan belakangan terdapat kesalahan atau ketidakpuasan masyarakat.

"Saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahaan saya. Mana tahu selama kepemimpinan saya ada yang tak puas. Tapi saya sebagai seorang manusia, tentu tak terlepas dari salah dan maaf," ungkap SF Hariyanto.

Sebelumnya, pada saat penyerahan Surat Keputusan [SK] pegawai negeri sipil [PNS] yang memasuki masa pensiun pada Rabu, 7 Agustus 2024 kemarin, SF Hariyanto juga menyampaikan hal yang sama.

"Bapak ibu akan pensiun pada 1 Oktober, sedangkan saya sudah akan mundur 22 September. Saya yang menyerahkan SK bapak ibu tapi malah saya yang lebih dahulu pensiun sebagai PNS," kata SF Hariyanto.

Untuk diketahui, pada 22 September 2024 merupakan tahapan penetapan pasangan calon pada Pilkada.

Kemudian pada 25 September-23 November 2024 tahapan pelaksaan kampanye dan 27 November 2024 merupakan pelaksaan pemungutan suara.

Sosok Rahman Hadi calon kuat Pj Gubernur Riau pengganti SF Hariyanto dan akan dilantik Kamis.

Pj Gubri pengganti SF Hariyanto akan dilantik di Jakarta pada Kamis (15/8/2024) lusa.

Publik saat ini bertanya-tanya, siapa sosok yang akan menggantikan SF Hariyanto untuk memimpin Riau hingga Pilkada serentak  2024 usai.

Ada tiga kandidat yang diusulkan menjadi calon kuat untuk mengisi jabatan Pj Gubri menggantikan SF Hariyanto yang mundur karena akan maju di Pilkada Riau 2024.

Ketiga nama tersebut adalah pejabat eselon I dari pemerintah pusat.

Mereka diantaranya adalah Safrizal Zakaria Ali, saat ini menjabat sebagai Dirjen Bina Kewilayahan Kemendagri.

Kemudian La Ode Ahmad P Bolombo, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

Nama terakhir yang diusulkan sebagai Pj Gubri adalah Rahman Hadi yang saat ini menjabat sebagai Sekretariat Jenderal [Sekjen] Dewan Perwakilan Daerah [DPD] RI.

Dari informasi dirangkum di lapangan dan bocoran dari pejabat Pemprov Riau yang punya koneksi ke pemerintah pusat, nama Rahmad Hadi diprediksi menjadi kandidat paling kuat sebagai Pj Gubri menggantikan SF Hariyanto.

Dari penelusuran dilapangan, Rahman Hadi sudah menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia sejak 14 Desember 2020 lalu.

Rahman Hadi merupakan pria kelahiran Cukohnau [OKU], Sumatera Selatan, 1969 silam.

Rahman Hadi  mulai berkarier sebagai Aparatur Sipil Negara [ASN] sejak tahun 1992.

Ia meraih gelar doktor di bidang Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran [UNPAD] pada tahun 2007 lalu.

Namun dari sumber lain, ada juga yang menyebutkan nama Safrizal Zakaria Ali yang menjadi calon kuat pengganti SF Hariyanto sebagai Pj Gubri.

Syahrizal saat ini menjabat sebagai Dirjen Bina Kewilayahan Kemendagri dan merangkap sebagai Penjabat Gubernur Bangka Belitung.

Seperti diketahui, masa jabatan Penjabat [Pj] Gubernur Riau [Gubri] SF Haryanto dipastikan akan berakhir pada Kamis (15/8/2024).

Kepastian ini dapatkan setelah Pemprov Riau mendapatkan kabar dari Kemendagri terkait pelantikan Pj Gubri pengganti SF Hariyanto yang akan dilaksanakan pada Kamis (15/8/2024).

"Iya, kita sudah dapat kabar dari pejabat di Kemendagri bahwa pelantikan Pj Gubernur Riau akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2024 pagi, sekitar pukul 09.00 WIB," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan [Tapem] Setdaprov Riau, Jhon Armedi Pinem, Selasa (13/8/2024).

Jika tidak ada perubahan pelantikan Pj Gubri pengganti SF Hariyanto akan dilaksanakan di kantor Kemendagri Jakarta.

"Rencananya gitu," kata Pinem mengaminkan pernyataan Sekdaprov Riau Indra SE yang sebelumnya juga sudah menyampaikan informasi bahwa benar pelantikan Pj Gubri penganti SF Hariyanto akan dilaksanakan pada Kamis (15/8/2024).

"Infonya begitu, pelantikan Pak Pj Gubernur Riau akan dilaksanakan tanggal 15 Agustus, tapi siapa orangnya yang akan dilantik kami belum tau," kata Indra menguatkan pernyataan Pinem.

Sebagai informasi, SF Hariyanto resmi menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Pj Gubri sejak 14 Juli 2024 lalu.

Ia mengajukan pengunduran diri sebagai Pj Gubri karena akan maju di Pilkada serentak di Riau November 2024 mendatang. (*)

Tags : penjabat gubri sf Hhariyanto lengser, pj gubri diganti, rahman hadi calon kuat pj gubri, pj gubri akan dilantik, News,