Artikel   2024/04/11 16:30 WIB

SF Hariyanto Punya Resep Cara Makan Hidangan Lebaran: Harus Dicampur Semua, Biar Beda dari Biasanya

SF Hariyanto Punya Resep Cara Makan Hidangan Lebaran: Harus Dicampur Semua, Biar Beda dari Biasanya

SF HARIYANTO, Penjabat [Pj] Gubernur Riau merayakan Idulfitri 1445 Hijriah di kediamannya di Gedung Daerah Gubernuran Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi [Sekdaprov] Riau itu saat melakukan open house dikediaman mengungkapkan ada cara tersendiri untuk menikmati hidangan khas Idulfitri yang kerap tersedia di rumahnya.

Dia mengatakan, agar lebih terasa seperti lebaran, semua hidangan harus berada di satu piring yang sama.

Makanan yang dimaksud SF Hariyanto adalah lontong, ketupat, opor, sambal goreng dan beberapa masakan lainnya, semua dicampur jadi satu.

"Lontong, ketupat, opor sambal goreng masak kecap, sayur cabe, serundeng, dan itu semua, cara makannya dicampur jadi satu, sehingga bukan makan sendiri-sendiri, tapi campuran jadi satu, dan itu yang membuat masakan lebaran berbeda dari yang lainnya," kata SF Hariyanto berkelakar di depan tamu yang datang saat mengadakan open house di kediamannya, Rabu (10/4).

Menurutnya, jika seluruh makan disatukan dalam piring yang sama dan dimakan bersama dengan pencok, suasana lebaran baru bisa terasa.

Jika dimakan satu persatu, kata mantan Sekdaprov riau ini, sama saja seperti makan di hari biasa.

Di Lebaran tahun ini, menurutnya tak mudik ke mana mana.

Tapi sebaliknya justru ia mengundang seluruh keluarga besarnya, masyarakat dan pejabat untuk merayakan Lebaran di kediaman.

"Jadi kali ini, ibu [Istri] kami ajak Lebaran di sini. Kebetulan semua keluarga saya juga Lebaran disini jadi semua keluarga besar kumpul di sini.

Karena pada prakteknya sudah lebih banyak di Riau, sekarang jadi akhirnya kita lebih banyak di sini," jelas SF Hariyanto yang pernah menjabat; sebagai Pelaksana Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Penelaah Kebijakan Subbagian Penyiapan Pendanaan Infrastruktur Daerah, Bagian Fasilitas Pendanaan Infrastruktur Daerah, Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri, Sekretarias Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Inspektru II, Insprektur Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumhan Rakyat; Inspektur V, Inspektorat Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Inspektur VI (Bidang Investigasi) Inspektorat Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini.

Sementara itu, mengenai tradisi di keluarganya pada momen Lebaran, SF Hariyanto menyebut sama seperti masyarakat pada umumnya yakni berkumpul bersama keluarga besarnya.

Sedangkan, Ia sneidir menjalani Salat Idulfitri di masjid An Nur. Kemudian ia berkumpul bersama keluarga besarnya di kediamannya.

Pagi harinya, Hariyanto menggelar open house yang terbuka untuk masyarakat umum.

Tapi sebelumnya ia menyempatkan bersilaturahmi bersama keluarga.

Ditanya untuk Lebaran kedua, Hariyanto tak mejawab.

"Belum ada rencana kami rencana keluarga aja. Keluar kota belum ada. Jadi kita makanya semuanya dikerjakan di hari pertama," ungkapnya. (*)

Tags : Perayaan Idulfitri, Idulfitri 1445 Hijriyah, Lebaran, Pj Gubri SF Hariyanto, Hidangan Lebaran, Artikel,