Riau   2022/09/05 8:9 WIB

Silaturahmi Akbar IKSS Menunjukkan Gubernur di Sumatera Jaga ke Kompakan

Silaturahmi Akbar IKSS Menunjukkan Gubernur di Sumatera Jaga ke Kompakan

Silaturahmi akbar Ikatan Keluarga Sumatera bagian Selatan (IKSS) di hadiri gubernur se Sumatera.

PEKANBARU - Acara Silaturahmi akbar Ikatan Keluarga Sumatera bagian Selatan (IKSS) di Grand Ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru menunjukkan Gubernur di Sumatera kompak membangun negeri.

"Para gubernur yang ada di Pulau Sumatera sangat kompak dalam membangun negeri".

"Masing-masingnya setiap provinsi memiliki keunggulannya dan bisa saling support atau tolong-menolong untuk kebutuhan dan kemajuan bersama di wilayah Pulau Sumatera," kata Gubernur Syamsuar, seperti yang dilansir dari mcr, Minggu(4/9).

"Karena itulah bapak presiden memprogramkan pembangunan Roro Dumai-Malaka, bahkan Riau juga ditunjuk oleh Menteri Perdagangan RI sebagai jalur distribusi dari hasil komoditas Sumatera melalui Riau," sebut Gubri lagi.

Tetapi Gubri melihat di Pulau Sumatera serba ada, misalnya Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Riau terkenal dengan penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia, lalu di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel) terdapat batu bara, sementara Provinsi Lampung dan Bangka Belitung dikenal dengan penghasil tanaman pangan, serta komoditas lainnya seperti sawit, karet, kelapa, sagu, hingga ikan juga ada di Suamatera.

"Semua ada," kata Gubernur Syamsuar.

Pulau Sumatera dikenal dengan penghasil devisa negara terbesar.

Bahkan, Syamsuar menyebutkan beberapa provinsi di Sumatera ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo masuk kedalam bagian delegasi untuk membangun kerjasama ekonomi antar tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Presiden hanya mengundang Sumatera dalam delegasi tersebut, sebab Riau dinilai sebagai jalur terdekat untuk menghubungkan tiga negara tersebut, yaitu melalui Kota Dumai.

"Karena itulah bapak presiden memprogramkan pembangunan Roro Dumai-Malaka, bahkan Riau juga ditunjuk oleh Menteri Perdagangan RI sebagai jalur distribusi dari hasil komoditas Sumatera melalui Riau," jelasnya.

Tidak hanya itu, bukti lain untuk menunjukkan kekompakan daerah di Pulau Sumatera adalah adanya pertemuan rutin gubernur se-Sumatera yang bertujuan untuk silaturahmi dan membahas banyak hal dalam kemajuan bersama.

"Jadi kita di Sumatera ini kompak dalam rangka membangun negeri, makanya setiap tahun ada pertemuan gubernur se-Sumatera," pungkas gubernur Syamsuar.

Diketahui, Pulau Sumatera memiliki sepuluh provinsi, diantaranya Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Lampung. (*)

Tags : Ikatan Keluarga Sumatera bagian Selatan, Silaturahmi Akbar IKSS, Gubernur di Sumatera Kompak Membangun Negeri, Gubri Syamsuar Hadiri Silaturahmi Akbar IKSS,