News Kota   2021/11/24 14:33 WIB

Siswa Sekolah Dasar Ikuti Ujian ANBK, Dengan 'Menerapkan Protokol Kesehatan'

 Siswa Sekolah Dasar Ikuti Ujian ANBK, Dengan 'Menerapkan Protokol Kesehatan'

PEKANBARU - Siswa Sekolah Dasar Negeri [SDN] 181 Pekanbaru menggelar pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Computer (ANBK) dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan [Prokes].

"Pelaksanaan ANBK siswa memakai peralatan cangih [laptop] berjalan lancar tertib dan aman."

"Tetapi disekolah kita memang tak menyediakan peralatan latop, ini pun baru pertama kali diselenggarakan," kata Nur Hasanah, Kepksek SDN 181 di dampingi Wakepsek Ahmad Zamri, Rabu (24/11).

Jadi masing-masing siswa membawa alat canggih itu kesekolah utuk mengikuti ujian berbaris computer.

Ada rasa kekhawatiran Kepsek ini saat pelaksanaan ANBK, karena tak lengkapnya peralatan komputer disekolah.

"Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan aman, tertib dan lancar, setiap siswa mahir menjawab berbagai soal yang disajikan," kata Nur Hasanah.

Tetapi Nur Hasanah menekankan pada siswa sebelum mengikut ANBK mereka terlebih dahulu menjalani gladi bersih.

"Itu dilakukan agar siswa saat mengikuti ujian tetap sehat dan semangat," katanya.

"Kenyataannyapun siswa sudah terbiasa menjawab soal yang menggunakan laptop," ujarnya.

"Kalau dilihat raut wajah siswa ada juga yang cemas dan grogi, pastilah ya mereka juga baru mengalami pertama kali ujian menggunakan laptop," sebutnya.

"Semua bisa diatasi kok, saya melihat siswa tenang mengerjakan soal demi soal," ungkap Nur Hasanah menjelaskan siswa yang mengikuti ANBK di bagi menjadi dua sif.

Siswa peserta ujian ANBK ini masing masing sif di isi 8 siswa kelas V yang sebelumnya dipilih secara acak oleh Kemendikbud. "Materi ujian juga dari pusat. Sedangkan pengawas ujian dilakukan secara silang dari SD Muhamadiah dan SDN 110 Pekanbaru," terang Nur Hasanah.

Nur Hasanah juga menjelaskan tujuan ANBK untuk pemetaan pendidikan apakah mutu dan sarana prasarana sekolah sudah sama setiap daerah. (rp.sul/*)

Tags : Asesmen Nasional Berbasis Computer, Ujian ANBK, News Kota, Pekanbaru, SDN 181 Pekanbaru, Pendidikan, Siswa Ikuti Ujian ANBK,