News   2024/09/05 10:5 WIB

Sosok Gubernur ke Depan Diharap Bisa Datangkan Investor, KNPI Riau: 'Jadi Tidak Hanya Bergantung pada APBD-APBN Saja'

Sosok Gubernur ke Depan Diharap Bisa Datangkan Investor, KNPI Riau: 'Jadi Tidak Hanya Bergantung pada APBD-APBN Saja'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ke depannya harus mampu mendatangkan investor. Sehingga pembangunan di Riau tidak bergantung hanya dari APBD atau APBN.

"Sosok Gubernur ke depan harus piawai datangkan investor."

"Pilkada untuk memilih pasangan gubernur dan wakil gubernur tidak lama lagj. Masyarakat akan menentukan calon pemimpin yang dianggap layak untuk memimpin Provinsi Riau lima tahun mendatang," kata Larshen Yunus, Ketua DPD KNPI Provinsi Riau dalam relisnya, Rabu (4/9) kemarin.

Pertama, pemimpin yang dipilih masyarakat Riau, harus memiliki hubungan emosional yang baik dengan orang yang berada di lingkaran Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Itu akan memperbanyak dana APBN turun ke Riau ini nantinya."

"Membangun riau tidak cukup hanya mengandalkan APBD saja," sebut Wasekjend KNPI Pusat ini.

Di tengah hiruk pikuk Pilkada 2024, tidak sedikit pihak yang justru melupakan persoalan utama di Provinsi Riau.

Banyak orang terpukau dengan beberapa sosok yang muncul, namun lupa pada kriteria pemimpin yang dibutuhkan Masyarakat Riau. Sebab menurutnya komitmen dan integritas bagi seorang pemimpin menjadi bagian penting dalam unsur kepemimpinan.

Lanjutnya yang kedua figur calon Gubri yang diperlukan sosok yang memiliki kedekatan dengan pengusaha ataupun investor.

Selain APBN, pemimpin ke depan harus piawai mengundang investor untuk berinvestasi di Riau.

"Agar membuka banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat dan menekan angka pengangguran. Jadi Riau yang kaya akan sumber daya alam ini harus dinikmati langsung oleh masyarakatnya," terang Larshen.

Terakhir menurutnya Paslon Gubernur dan Wakil Gubri nantinya selain memiliki kepiawaian dalam perpolitikan juga paham dengan masalah pendidikan di daerah.

Paslon Gubernur Riau dan wakilnya, sebutnya, juga yang memiliki pengalaman yang kuat di bidang pendidikan.

Diharapkan pemerintahan mendatang akan ada beasiswa S1, S2, hingga S3 untuk anak Riau khususnya jurusan perminyakan.

"Riau ini kaya akan minyak, tapi SDM kita hari ini belum cukup mampu untuk mengelolanya. Sampai hari ini ada berapa anak jati diri Riau yang memang kuliah S1 hingga S3 di jurusan perminyakan? Maka itu harus ada pengalaman di bidang pendidikan, agar ada terobosan yang meyakinkan," tutupnya. (*)

Tags : komite nasional pemuda indonesia, knpi riau, knpi harap calon gubri bisa datangkan investor, cagubri tidak bergantung dari apbd dan apbn, News,