Artikel   2021/04/24 21:56 WIB

Stop Makan Berlebihan Saat Sahur dan Berbuka

Stop Makan Berlebihan Saat Sahur dan Berbuka

ROTI PIDE adalah roti berbentuk pipih yang populer sebagai hidangan berbuka puasa di Turki, menjadi menu wajib yang selalu memikat untuk dinikmati. Warga Turki bahkan biasanya menyantap roti berbahan dasar tepung terigu ini selama satu bulan penuh tanpa terlewat. 

Faktanya, ahli diet mengatakan, sepotong pide seukuran telapak tangan sama dengan sekitar dua potong roti putih, atau lebih dari 130 kalori. Meskipun dari sudut pandang kalori ini mirip dengan roti gandum, karena kurang serat dan banyak nutrisi, pide hampir bisa dianggap kalori kosong.

Ahli Gizi dan Ahli Diet Hazal Çatirtan Çobanoglu memperingatkan bahwa karena pide Ramadhan klasik terbuat dari tepung putih beragi, ia memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan gula darah setelah periode puasa yang lama.

"Kebanyakan orang tidak membatasi konsumsi roti ini karena lapar. ... Tapi orang dengan resistensi insulin, diabetes dan masalah berat badan harus lebih berhati-hati," katanya yang dikutip di Daily Sabah, Jumat (23/4). 

Çobanoglu membagikan tiga tip untuk mencegah diri dari makan berlebihan dan bersikap ramah terhadap sistem pencernaan. Upaya pertama yang bisa dilakukan adalah mengurangi konsumsi pide, atau pilih satu waktu saja, saat sahur atau berbuka, untuk makan sedikit pide Ramadhan. 

“Jangan makan pide dua kali sehari, sahur dan berbuka. Memakannya di pagi hari saat sahur mungkin ide yang buruk karena akan menyebabkan kadar gula darah naik dan membuat lebih cepat lapar. Oleh karena itu, sebaiknya disediakan untuk buka puasa,” jelasnya. 

Kedua, jangan mengkonsumsi pide dengan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi atau pasta. Çobanoglu mengatakan mungkin yang terbaik adalah makan sedikit pide atau tidak sama sekali.

“Meskipun makan banyak karbohidrat pada awalnya akan membuat Anda merasa kenyang, hal itu akan membuat Anda lebih cepat lapar dan lama kelamaan dapat menyebabkan Anda bertambah berat badan jika tidak diimbangi dengan protein dan lemak sehat,” sambungnya menjelaskan. 

Terakhir, jika tidak bisa beralih atau mengurangi konsumsi pide, alternatif yang dapat dilakukan adalah memilih pide yang terbuat dari bahan selain tepung, seperti gandum. (*)

Tags : puasa sehat, menu sahur, menu berbuka, ramadhan, ramadhan 2021,