News   2021/12/15 17:52 WIB

Suara Pesawat Tempur F-16 Cukup Keras Terdengar di Langit Kampar

Suara Pesawat Tempur F-16 Cukup Keras Terdengar di Langit Kampar
Pesawat tempur TNI AU (Foto Dok. Lanud Pekanbaru)

PEKANBARU - Suara pesawat tempur F-16 cukup keras terdengar di Langit Kampar. Dentuman keras terdengar ternyata berasal dari sonic boom pesawat tempur F-16.

"Suara dentuman yang didengar oleh sebagian masyarakat Kabupaten Kampar sekitar pukul 10.30 WIB dipastikan bukan ledakan bom. Tetapi adalah suara sonic boom dari pesawat tempur F-16," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Andi Kustoro yang dikonfirmasi melalui Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri dikontak ponselnya, Rabu (15/12) tadi.

Dijelaskan Kapentak, suara dentuman tersebut merupakan suara dentuman sonic atau sonic boom. Suara dikeluarkan oleh mesin pesawat tempur F-16 dalam rangka Functional Check Flight (FCF).

"Tadi pagi pesawat F-16 lakukan uji mesin yang dihasilkan dari mesin pesawat saat terbang di atas kecepatan melebihi suara," terangnya.

Letkol Sus Zukri mengatakan, ledakan yang terdengar bukan berasal dari darat. Melainkan dari ketinggian 40 ribu kaki dengan radius 5-25 NM.

"Uji terbang mesin pesawat di ketinggian tersebut sesuai dengan standar."

"Kita juga sudah memberi tahu kepada masyarakat Riau khususnya Kampar untuk mengetahui sebagai pengetahuan tentang sonic boom," katanya.

"Suara sonic boom sendiri hanya terdengar saat pengujian."

"Untuk latihan terus dilakukan secara rutin setiap Senin-Jumat. Latihan rutin terus kita lakukan. Tetapi untuk suara keras tadi hanya sesekali, ya tidak setiap latihan ada suara itu," terang Kapentak Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Suara Pesawat Tempur F-16, Suara Pesawat Tempur, News, Pesawat F-16,