Headline Riau   2022/08/05 12:18 WIB

Sudah 1.846 Jamaah Haji dari Kabupaten/Kota Pulang ke Tanah Air

Sudah 1.846 Jamaah Haji dari Kabupaten/Kota Pulang ke Tanah Air

Sudah 1.846 Jamaah Haji dari Kabupaten/Kota pulang ke tanah air.

PEKANBARU - Sudah 1.846 Jamaah Haji (JH) terdiri dari dari Kabupaten/Kota pulang ke tanah air Riau.

Jamaah haji asal Provinsi Riau yang pulang ke tanah air terus bertambah. Terbaru sebanyak 448 jamaah Kloter 8 BTH/Kloter 5 Riau sudah tiba dan kembali ke daerah asal, Jumat 5 Agustus 2022 Pukul 03.00 WIB dini hari.

Ketua Kloter 8 BTH H Khairul Nizam melaporkan jamaah ini gabungan lima Kabupaten/ Kota. Berangkat ke tanah suci hingga kembali ke tanah air berjumlah 448 orang.

Terdiri dari jamaah Bengkalis sebanyak 133, Meranti 65 orang, Kuansing 114 jamaah, Rokan Hilir 129 orang, Pekanbaru 1 jamaah, Petugas Kloter 4, serta Petugas Haji Daerah 2 orang.

PPIH Riau Dr H Rahmad Suhadi menyampaikan, hingga saat ini sudah 1.846 orang jamaah Riau yang tiba di tanah air tergabung dalam 4, 5, 6 dan 7 BTH. Dan 1 orang jamaah asal Kampar masih dirawat di RS BP Batam atas Nama Kasni Murni Wardi.

"Serelah bapak ibu sampai di Lingkungan keluarganya hendaklah jadi panutan dengan selalu meningkatkan ketakwaan dan memperbanyak amal kebaikan," katanya seperti Dikutip dari Kemenag.riau.go.id.

Untuk pemulangan jamaah dari Debarkasi Haji Antara Riau ke daerah asal dikoordijir masing- masing daerah. Untuk jamaah haji Kuansing kembali ke daerah langsung setelah shalat Subuh, sedangkan Bengkalis, Rohil dan Meranti pada pukul 8.00 WIB dengan menggunakan bus yang telah disiapkan panitia daerah. (*)

Sementara Jemaah Haji Bengkalis sebanyak 134 jemaah haji tergabung dalam  kloter 8 baru saja tiba di Bandara Hang  Nadim Batam, Kamis malam 4 Agustus 2022 sekitar pukul 20.45 WIB. Mereka akan beristirahat sejenak sebelum nantinya berangkat ke  Pekanbaru.

“Alhamdulillah, baru  saja landingdi Bandara Batam,” ujar Ketua Rombongan 1 kloler 8 BTH, H Heri Praktikno melalui pesan singkat yang diterima media ini sekitar pukul 20.46 WIB.

Sebelumnya, pada saat masih di Madinah, sekitar pukul 10.14 WIB atau 06.14 Waktu Arab Saudi (WAS),  Heri mengabarkan kalau jemaah haji kloter 8 BTH sedang dalam proses kepulangan ke tanah air. Berdasarkan data yang disampaikan, jemaah haji kloter 8 BTH akan diberangkatkan dari Madinah menuju Batam dengan menggunakan pesawat  nomor penerbangan  SV5076 sekitar pukul 7.40 WAS.

Selanjutnya, begitu tiba di Batam, setelah istirahat sejenak, jemaah haji akan diberangkatkan ke Pekanbaru menggunakan 3 pesawat dengan nomor penerbangan JT-5233, JT-5235, dan JT-5237.

Adapun total jumlah jemaah haji Kabupaten Bengkalis sebanyak  134 orang dengan rincian Kecamatan Bengkalis 37 orang, Kecamatan Bantan 10 orang, Kecamatan Bukit Batu 7 orang, Kecamatan Siak Kecil 5 orang, Kecamatan Rupat 2 orang, Kecamatan Rupat Utara 2 orang, Kecamatan Mandau 65 orang dan Kecamatan Pinggir 6 orang.

Diperkirakan, jemaah haji akan tiba di Asrama Haji Pekanbaru pada tanggal 5 Agustus sekitar pukul 04.30 WIB. Pada pukul 05.00 - 05.30 WIB jemaah haji akan mengikuti seremonial  penyambutan jemaah haji dan penyerahan jemaah haji dari  PPIH  debarkasi ke PPIH Daerah.

Setelah istirahat, sekitar pukul 08.00 WIB jemaah haji masuk ke bus sesuai dengan tujuan daerah masing-masing. Diperkirakan, pada pukul 10.30 WIB, jemaah haji yang berdomisi ke Kecamatan Mandau dan Pinggir akan tiba di Masjid Arafah Duri.

Kemudian bus yang membawa jemaah haji  asal Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat dan Rupat Utara sekitar pukul 12.00 WIB akan tiba  di Masijd Al Amin, menurunkan jemaah haji Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat dan Rupat Utara sekaligus sholat makan dan lain-lain.

Pukul 13.30 WIB, bus yang mengantar jemaah haji Bengkalis dan Bantan masuk roro penyeberangan. Pukul 14.30 WIB bus sampai di roro Air Putih dan selanjutnya ke Masjid Istiqomah untuk menurunkan jemaah.

Sedangkan Jemaah Haji Kepulauan Meranti pulang dengan formasi lengkap disambut Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil.

Pesawat Saudi Airline Boeing 747- 428 dengan nomor penerbangan SV5076 mendarat dengan mulus di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (4/8/2022) malam pukul 20:45 WIB

Pesawat yang Take off dari Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi pada pukul 7:40 waktu setempat itu membawa 65 jemaah haji Kepulauan Meranti

Selanjutnya jemaah haji Kabupaten Kepulauan Meranti yang tergabung kedalam Kelompok Terbang (Kloter) 8 bersama dengan jemaah haji Bengkalis, Rokan Hilir dan Kuansing itu diterbangkan lagi ke Pekanbaru menuju Embarkasi Haji Antara Riau dan tiba pukul 03.00 WIB dini hari.

Sesampainya di Asrama Haji, jemaah langsung melakukan swab PCR yang telah disediakan oleh panitia. Setelah melakukan swab PCR jemaah haji Kloter 8 Batam (BTH) dinyatakan negatif covid-19.

Kedatangan tamu Allah itu disambut langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil didampingi Ketua DPRD, Fauzi Hasan yang sudah menunggu di Asrama Haji.

Dalam penyambutan itu juga tampak hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Meranti, H Sulman, Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan H Muhammad Mahdi, Asisten III Sudandri, Para Kepala OPD, Kabag umum, Kabag Kesra dan Kabag Prokopim

Setibanya di Asrama Haji, tampak jelas tergambar raut lelah dari wajah para jemaah ketika disambut oleh pejabat pemerintah daerah. Sesekali tampak wajah haru dari jemaah haji Meranti saat bersalaman dan berpelukan dengan Bupati dan keluarga.

Ketua Kloter 8, H Khairul Nizam menyampaikan bahwa jemaah haji Kloter 8 BTH berjumlah 448 jemaah dengan 4 orang Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji. (PPIH).

"Alhamdulillah jemaah haji Kloter 8 BTH yang berjumlah 448 dan 4 orang pengurus telah pulang ke tanah air dengan formasi lengkap," ujarnya.

"Ucapan terima kasih atas kerjasama seluruh jemaah, pengurus, tim medis sehingga suksesnya perjalanan haji pada kloter 8 BTH pada tahun ini dan mohon maaf kepada jemaah apabila dalam menjalankan ibadah haji ada kekurangan dalam melayani," tambah khairul nizam.

Sebagai simbolis ketua Kloter menyerahkan bendera merah putih kepada kepala daerah sebagai tanda penyerahan jemaah haji kepada pemerintah daerah.

Wira Abidin, ketua rombongan Kabupaten Kepulauan Meranti menyampaikan pesan dan kesan selama melakukan ibadah haji.

"Selama melakukan ibadah haji kami merasa sangat bahagia, dimana kami selalu bermunajat dan memanjatkan doa di setiap langkah saat kami mengeliingi ka'bah," ungkapnya.

"Kami tidak dapat lagi menjelaskan keindahan keindahan disaat kami melakukan Ibadah haji, dan disaat kami berada di mekah dan madinah," ungkapnya lagi.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil menyampaikan selamat datang kepada jemaah haji ke tanah air, beliau berharap dengan kedatangan jamaah haji dapat memberikan keberkahan untuk Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Dengan kehadiran jemaah haji, yang merupakan tamu Allah dari Kabupaten Kepulauan Meranti dapat memberikan keberkahan untuk bagi daerah," ungkapnya.

"Mohon didoakan agar anak- anak Meranti menjadi pintar, minyak yang ada berlimpah, dan dan para pajabatnya semakin mendekatkan diri kepada Allah," jelasnya. (*)

Tags : Jamaah Haji, 1.846 JH Riau, JH Kabupaten/Kota Pulang ke Tanah Air, Agama,