Linkungan   2023/07/14 9:26 WIB

Sudah Seminggu Terakhir Kawanan Gajah Hancurkan Rumah Warga, 'karena Tidak Dihabitatkan, Hewan Mamalia jadi Kelaparan'

Sudah Seminggu Terakhir Kawanan Gajah Hancurkan Rumah Warga, 'karena Tidak Dihabitatkan, Hewan Mamalia jadi Kelaparan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Segerombolan gajah liar menyerang rumah penduduk warga Palas Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru sejak seminggu terakhir dan sangat meresahkan.

"Warga Palas Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru diresahkan dengan kemunculan gajah liar."

"Sejak seminggu terakhir kawanan gajah itu hancurkan rumah warga disini," kata warga setempat, Edi Marto, Kamis (13/7). 

Kemunculan kawanan gajah terkadang di malam hari yang masuk pemukiman warga.

Menurut warga, gajah - gajah tersebut sudah meresahkan warga di dua kelurahan di Rumbai, yakni Kelurahan Maharani tepatnya lokasinya di Palas Kanan, Jalan Tengku Mahmud, berdekaran dengan TPU Covid, dan Kelurahan Rantau Panjang.

"Gajah-gajah itu merusak ladang. Respon dari aparat setempat belum terlihat, tadi malam dua rumah sudah hancur," kata Edi lagi.

Warga sekitar yang mayoritas merupakan petani, sangat merasakan dampak dari munculnya gajah tersebut. Karena gajah - gajah itu merusak ladang mereka.

"Luasan lahan milik warga ada 25 hektar, kini tanaman ubi, pisang, kates, sayur mayur hancur semua. Tak makan lagi masyarakat Palas ini," katanya kesal.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah berusaha mengusir, namun tidak bisa. Hal ini kemungkinan karena gajah tersebut kelaparan.

"Kalau yang merusak tadi malam 4 ekor, kalau kelompok itu ada 11 ekor. Mereka berpencar. Kami masyarakat merasa sangat terganggu, sangat resah," imbuhnya.

Warga berharap gajah liar dapat di habitatkan. "Kita harap ada kepedulian pemerintah," ujarnya. (*)

Tags : gajah liar, kawanan gajah menyerang penduduk, warga rumbau diserang gajah liar, pekanbaru, seminggu terakhir kawanan gajah hancurkan rumah penduduk,