Politik   2023/07/13 12:20 WIB

Survei Terbaru Menunjukkan Anies Salip Ganjar Pranowo, 'Kini Pepet Prabowo Subianto yang Masih Diurutan Nomor Satu'

 Survei Terbaru Menunjukkan Anies Salip Ganjar Pranowo, 'Kini Pepet Prabowo Subianto yang Masih Diurutan Nomor Satu'

JAKARTA - Elektabilitas Anies Baswedan menyalip Ganjar Pranowo dan memepet Prabowo Subianto di urutan nomor satu dalam survei terbaru yang digelar Indonesian Political Opinion (IPO).

"Survei terbaru menunjukkan Anies Salip Ganjar Pranowo."

"Di lima nama, Prabowo tetap tertinggi 34,9 persen, Anies Baswedan 25,9 persen, Ganjar Pranowo meningkat juga 24, 1 persen," ujar Direktur (IPO) Dedi Kurnia Syah dalam keterangannya pada pers, Jumat (16/6/2023) kemarin.

Nama Anies unggul atas Ganjar dalam berbagai simulasi di survei tersebut.

Dalam simulasi 40 nama, Prabowo mendapatkan perolehan elektabilitas 27,3 persen, kemudian Anies Baswedan 24,6 persen, dan Ganjar Pranowo di 16,2. Urutan serupa juga terjadi dalam simulasi lima nama.

Pada simulasi tiga nama, posisi puncak masih ditempati Prabowo Subianto dengan perolehan suara 37,2 persen, kemudian Anies Baswedan 31,5 persen, dan Ganjar Pranowo di 26,8 persen.

Survei IPO digelar pada 5-13 Juni 2023. Survei menggunakan teknik wawancara penelitian hybrid secara tatap muka sebanyak 480 responden dan sambungan telepon sebanyak 720 responden, sehingga total ada 1.200 responden.

Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2,90 persen, dengan tingkat akurasi data 95 persen.

Setting pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat.

IPO mengklaim survei ini mengambil representasi sampel yang tersebar proporsional dalam skala nasional. (*)

Tags : indonesian political opinion, survei ipo, survei terbaru, anies salip ganjar pranowo, anies pepet prabowo subianto, anies, prabowo, ganjar, Pilpres 2024,