News   2024/06/20 18:14 WIB

Syamsuar, Edy Natar Nasution dan SF Hariyanto 'Tiga Serangkai' akan Berhadapan di Pilkada 2024, 'Bertarung Mati-matian Berebut Kekuasaan'

Syamsuar, Edy Natar Nasution dan SF Hariyanto 'Tiga Serangkai' akan Berhadapan di Pilkada 2024, 'Bertarung Mati-matian Berebut Kekuasaan'
Syamsuar, Edy Natar Nasution dan SF Hariyanto

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sejumlah nama dikabarkan bakal meramaikan pertarungan di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Riau periode 2024-2029.

"Syamsuar, Edy Natar Nasution dan SF Hariyanto merupakan tiga serangkai bakal perebutkan kursi nomorsatu."

"Dari beberapa tokoh yang muncul, ada sosok-sosok yang sebelumnya bekerja sama sebagai pejabat publik memimpin Riau," kata Ketua Umum [Ketum] Lembaga Melayu Riau [LMR], H. Darmawi Wardhana Zalik Aris menyikapi belum lama ini. 

Menurutnya, mereka tiga serangkai adalah Gubernur-Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024, Syamsuar dan Edy Natar Nasution serta SF Hariyanto yang sebelumnya menjabat Sekda Riau di era Syamsuar dan Edy Natar itu.

"Ketiga tokoh ini pernah mengarungi bersama dalam membangun Riau selama 2019-2024. Kini ketiganya digadang-gadangkan akan maju di Pilkada Riau tahun ini dan bakalan berebut kursi nomor satu di Riau," ujarnya.

Berikut pengalaman masing-masing ketiga serangkai ini serta ulasan singkat tentang sosok Syamsuar, Edy Natar Nasution dan SF Hariyanto.

1. Syamsuar 

Syamsuar telah membangun komunikasi dengan sejumlah partai untuk maju di Pilgub Riau tahun ini. Mantan Gubernur Riau ini disebut akan berduet dengan politisi Partai Keadilan Sejahtera [PKS] Mawardi Saleh.

Syamsuar dan Mawardi pun telah bertemu Ketua Majelis Syuro PKS, Dr Salim Segaf Al-Jufri pada Minggu 9 Juni 2024.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh anggota DPR RI, Syahrul Aidi Maazat, Ketua DPW PKS Riau, Ahmad Tarmidzi, serta sejumlah kader lainnya.

Syamsuar merupakan Gubernur Riau periode 2019-2024 yang mengundurkan diri lebih cepat karena maju pada pemilihan anggota legislatif [Pileg] DPR RI lalu. 

Karier Syamsuar dimulai dari birokrasi. Ia kemudian masuk dunia politik dengan terpilih menjadi Wakil Bupati Siak lalu menjabat Bupati Siak dua periode. 

Bersama Edy Natar Nasution pada 2019 pasangan ini memenangkan Pilkada Riau yang diusung oleh PAN, Nasdem, dan PKS.

Pada Pemilu Legislatif 2024 lalu Syamsuar maju sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan I dan memastikan diri duduk di Senayan dari Partai Golkar.

Syamsuar yang merupakan Ketua Partai Golkar Riau ini juga dinilai bakal kembali maju karena sukses meningkatkan perolehan suara anggota DPR RI dari daerah pemilihan Riau 1 dan Riau 2, meski gagal membawa Golkar kembali menjadi pemenang Pemilu Legislatif di tingkat Provinsi Riau.

2. Edy Natar Nasution

Edy Natar Nasution nampaknya juga akan bertarung di Pilkada Riau 2024 ini.

Hal tersebut dibuktikannya dengan mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Gubernur Riau ke 3 partai politik. 

Didampingi relawan, Edy Natar mengembalikan formulir ke Partai Demokrat Riau, Nassem Riau dan PDIP Riau.

Selain ketiga partai politik itu, mantan Danrem 031 Wirabima itu mengaku sudah berkomunikasi baik dengan PKS, PKB dan PAN.

Edy Natar merupakan mantan Gubernur Riau sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Ia sendiri sebelum diangkat menjadi gubernur Riau kurang dari 3 bulan merupakan Wakil Gubernur Riau. 

Edy Natar kemudian diangkat menjadi orang nomor satu di Riau karena Syamsuar mengundurkan diri sebagai kepala daerah untuk maju sebagai calon anggota DPR RI dapil Riau I dari Partai Golkar.

Sebelum maju sebagai Wakil Gubernur Riau pada pilkada 2019 lalu, pria kelahiran 29 Mei 1961 itu merupakan Komandan Korem 031/Wirabima / Riau.

Edy lulus dari Akademi Militer pada tahun 1984 dan lulus dari Seskoad pada tahun 1998.

3. SF Hariyanto

Sejumlah baliho SF Hariyanto bermunculan di jalanan Pekanbaru jelang Pilkada Riau. Baliho bergambar Pj Gubernur Riau ini disinyalir sarat mengandung pesan politik. 

Pada baliho SF Hariyanto nampak mengenakan kemeja berwarna putih sedang melambaikan tangan.

Terdapat juga kalimat, "Bersama Membangun Riau, bekerja keras, bekerja cepat dan bertindak tepat serta sudah teruji".

Namun yang tak kalah menjadi sorotan adalah terdapat logo Pemprov Riau seakan-akan baliho tersebut merupakan program anggaran dari Pemprov Riau. 

SF Hariyanto memulai karirnya dari pegawai honorer dari 1983 sampai 1987.

Ia lalu diangkat pegawai negeri sipil [PNS] pada 1 November 1987.

Pria yang pernah menjabat Kepala Dinas PUPR tersebut saat ini diamanahkan menjadi Pj Gubernur Riau.

Sebelum menjabat Pj Gubernur, SF Hariyanto merupakan Sekda Riau. Ia resmi dilantik Gubernur Riau Syamsuar pada Rabu 18 Agustus 2021.

Pada Kamis 29 Februari2024, SF Hariyanto dilantik menjadi Pj Gubernur Riau di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri [Kemendagri], di Jakarta. (*)

Tags : Syamsuar, Edy Natar Nasution, SF Hariyanto, Pilkada Riau, Pilgub Riau, Tiga Serangkai, News,