Riau   2024/06/20 8:38 WIB

Syamsuar Sudah Mantap Maju di Pilgub Riau, 'Tapi Terus dapat Saingan Berat dari 6 Figur yang Ingin Tumbangkan Incumbent'

Syamsuar Sudah Mantap Maju di Pilgub Riau, 'Tapi Terus dapat Saingan Berat dari 6 Figur yang Ingin Tumbangkan Incumbent'
Tiga Mantan Gubri Syamsuar, Saleh Djasit dan HM Rusli Zainal.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau periode 2019-2024, Syamsuar mantap bakal maju di Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] 2024.

Ia bahkan dikabarkan akan berduet dengan Mawardi Saleh, politisi Partai Keadilan Sejahtera [PKS].

Syamsuar menyatakan maju kembali di Pilkada Riau setelah sebelumnya mengundurkan diri dari jabatan Gubernur Riau karena lebih cepat untuk maju dalam Pemilihan Anggota Legislatif [Pileg] DPR RI.

Ketua DPD I Partai Golkar Riau ini dinilai sukses meningkatkan perolehan suara anggota DPR RI dari daerah pemilihan Riau 1 dan Riau 2. 

Syamsuar memang gagal membawa partai berlambang beringin tersebut kembali menjadi pemenang Pemilu Legislatif di Riau.

Meski demikian, ia tetap menjadi figur penting dalam politik daerah.

Syamsuar mengawali karier sebagai seorang dimulai birokrasi. Ia pernah menjadi Wakil Bupati Siak dan kemudian Bupati Siak selama dua periode. 

Pada Pilkada Riau 2019, Syamsuar berpasangan dengan Edy Natar Nasution memenangkan pemilihan dengan dukungan dari PAN, Nasdem, dan PKS.

Saat Pileg 2024, Syamsuar berhasil duduk di Senayan sebagai anggota DPR RI dari Partai Golkar. 

Syamsuar bakal maju kembali pada Pemilihan Gubernur atau Pilgub Riau 2024. Sejumlah sosok penantang dalam pemilihan orang nomor satu di Riau tersebut bermunculan, berikut ini daftarnya.

1. Edy Natar Nasution

Edy Natar Nasution merupakan mantan Gubernur Riau sisa masa jabatan 2019-2024. Selama kurang lebih lima tahun, ia mendampingi Syamsuar memimpin Riau.

Edy Natar diangkat menjadi Gubernur Riau setelah Syamsuar mengundurkan diri karena maju sebagai calon anggota DPR RI.

Sebelum terjun ke politik, Edy merupakan Komandan Korem 031/Wirabima Riau dan lulus dari Akademi Militer pada tahun 1984 serta Seskoad pada tahun 1998. 

2. SF Hariyanto 

SF Hariyanto menjabat sebagai Pj Gubernur Riau sejak 29 Februari 2024. Ia menjadi salah satu sosok yang dikabarkan akan bertarung di Pilgub Riau.

Sejumlah baliho bergambar SF Hariyanto beredar di sejumlah wilayah Riau. Papan reklame berlogo Pemprov Riau tersebut kemudian dinilai sarat dengan muatan politik.

Di sisi lain, kariernya sebagai pejabat publik pun tak diragukan lagi. Ia merupakan Sekda Riau sejak 2021 yang sangat memahami birokrasi di Pemprov Riau. 

Dia pernah Kepala Dinas PUPR Riau serta Kepala Badan Pendapatan Daerah Riau. 

3. Abdul Wahid 

Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa [PKB] Riau, Abdul Wahid merupakan politisi muda yang mencalonkan diri secara terang-terangan untuk Pilgub 2024. 

Pria asal Indragiri Hilir ini menjabat sebagai wakil ketua Badan Legislasi DPR RI dan terkenal dengan upayanya memperjuangkan kepentingan Riau di tingkat pusat.

Sebagai bentuk keseriusannya maju Pilkada Riau, Abdul Wahid memasang banyak baliho di berbagai wilayah Riau sebagai bentuk kampanye awal. 

4. HM Harris

HM Harris diprediksi bakal menjadi calon kuat Partai Golkar untuk Pilgub Riau November mendatang.

Mantan Bupati Pelalawan dua periode ini resmi diusung DPP bersama Ketua DPD Golkar Riau Syamsuar.

Mantan Bupati Pelalawan dua periode ini resmi diusung DPP bersama Ketua DPD Golkar Riau Syamsuar.

Sejumlah baliho menyatakan dirinya maju di Pilkada 2024 pun bertebaran di sudut Riau. 

Masuknya nama HM Harris dalam kandidat Gubernur Riau yang diusung Golkar mengejutkan, kendati dipastikan tidak muncul begitu saja. 

5. Syamsurizal 

Anggota DPR RI periode 2019-2024, Syamsurizal dikabarkan akan meramaikan Pilgub Riau tahun ini. Ia merupakan Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan [PPP] Riau.

Syamsurizal saat ini duduk di Senayan mewakili daerah pemilihan Riau 1.

Berdasarkan rekomendasi DPP Partai Amanat Nasional [PAN],

Syamsurizal direstui sebagai bakal calon Gubernur Riau untuk periode 2024-2029.

6. Muhammad Nasir

Selain Syamsurizal, PAN juga merestui Muhammad Nasir sebagai bakal calon Gubernur Riau di Pilkada 2024 ini. 

Dalam surat Tim Pilkada DPP PAN, disebutkan Muhammad Nasir disetujui untuk maju dalam Pemilihan Gubernur [Pilgub] Riau yang akan digelar serentak pada November mendatang. 

Nasir adalah Anggota DPR RI Dapil Riau II yang meliputi Kabupaten Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi dan Pelalawan. Ia sudah tiga periode sejak 2009 hingga 2024 menjadi anggota dewan mewakili daerah pemilihan Riau II. 

7. Yopi Arianto

Mantan Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur ke partai Nasdem Riau.

Ia nampaknya sudah bulat tekat untuk bertarung di Pilkada Riau 2024 bersama partai NasDem.

Dengan sudah mendaftarnya Yopi Arianto ke Nasdem sebagai bakal calon Gubernur ini, dipastikan dua kader Partai Nasdem sudah muncul untuk meramaikan kontestasi Pilkada Gubernur yakni Edy Natar. (*)

Tags : Syamsuar, gubernur riau, Pj Gubernur Riau, pilkada riau, Pilgub Riau, Edy Natar, sf hariyanto ,