News Kota   2022/12/31 11:57 WIB

Tahun 2022 akan Berakhir, 'Tunda Bayar Tenaga Kesehatan, Guru Honorer dan RT/RW Belum Tuntas'

Tahun 2022 akan Berakhir, 'Tunda Bayar Tenaga Kesehatan, Guru Honorer dan RT/RW Belum Tuntas'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM  - Tunda bayar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum tuntas, dan masih terhutang puluhan miliar untuk menyelesaikan tunda bayar tahun lalu.

"Tahun 2022 akan berakhir tunda bayar Tenaga Kesehatan, Guru Honorer dan RT/RW belum tuntas."

"Tunda bayar kita saat ini masih ada, tapi perkiraan dari Kepala BPKAD, akan lebih kecil dari biasanya," diakui Pj Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution pada media, Selasa (27/12) kemarin.

Ia mengatakan, tunda bayar ini diupayakan akan tuntas pada tahun 2023 mendatang.

Menurutnya, Pemko telah berupaya mengangsur tunda bayar kegiatan tahun 2021, namun belum bisa diselesaikan secara keseluruhan. Jumlah tunda bayar kegiatan tahun 2021 ini sebelumnya mencapai Rp140 miliar.

Indra Pomi mengaku Pemko telah berupaya menyelesaikan sekitar separuh dari total tunda bayar, dan masih tersisa sekitar Rp70 miliar yang harus diselesaikan.

"Mudah-mudahan di tahun 2023 tunda bayar ini selesai," harapnya.

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru masih berupaya menyelesaikan tunda bayar kegiatan tahun 2021. Sisa tunda bayar ini mencapai Rp70 miliar dan diupayakan agar selesai jelang akhir 2022 ini.

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, bukan kewajibannya untuk menyelesaikan tunda bayar tersebut.

Menurutnya, itu merupakan kewajiban dari kepemimpinan sebelumnya.

Walaupun demikian, dirinya tetap berupaya untuk menyelesaikan tunda bayar ini. Pihaknya mencari regulasi agar tunda bayar ini bisa segera diselesaikan.

"Sesuai dengan tanggal kerja saya, tanggal 23 mei kemarin, tidak ada kewajiban, saya sebenarnya untuk yang lama-lama. Tapi ini inisiatif saya, niat baik kita. Kita cari regulasinya biar bisa membayarkan," kata Muflihun, Rabu (2/11/2022).

Menurutnya, tunda bayar terjadi di beberapa sektor, yakni jasa pelayanan tenaga kesehatan di Diskes, guru honorer, hingga RT/RW.

Apalagi saat ini APBD Perubahan tahun 2022 alami penurunan, banyak kegiatan yang dihapuskan karena keterbatasan anggaran. (*)

Tags : Tunda Bayar Tenaga Kesehatan, Guru Honorer, RT/RW, Tunda Bayar Pemko Pekanbaru Belum Tuntas, News Kota,