Sosial   2023/01/16 11:40 WIB

Tahun Baru Imlek Jatuh pada Hari Minggu 22 Januari 2023, PBBI: 'Kita buat Agenda Rutin Melaksanakan Bakti Sosial'

Tahun Baru Imlek Jatuh pada Hari Minggu 22 Januari 2023, PBBI: 'Kita buat Agenda Rutin Melaksanakan Bakti Sosial'

PEKANBARU - Warga Tionghoa seluruh dunia akan menyambut Tahun Baru China atau Festival Musim Semi pada 22 Januari 2023. 

"Panitia Bersama Baksos Imlek (PBBI) sambut Tahun Baru Imlek buat agenda rutin melaksanakan Bakti Sosial."

"Panitia dalam menyambut Tahun Baru Imlek setiap tahunnya telah menjadi agenda rutin bagi PBBI yaitu melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) seperti pembagian sembako kepada warga pra-sejahtera yang akan merayakan Imlek dan berbagai kegiatan sosial lainnya," kata Ketua Panitia, Jasin Junus dalam keterangan persnya. 

PBBI terdiri dari berbagai perkumpulan sosial, yayasan, vihara dan kelenteng. Seperti Yayasan Satya Anugerah Semesta (Kelenteng Kwan Tee Kong Bio), Yayasan Sumedha, Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB), serta Ikatan Keluarga Tionghoa Selatpanjang dan sekitarnya (IKTS).

Lalu Himpunan Persaudaraan Tionghoa Rokan Hilir (HPT Rohil), Himpunan Tjinta Teman (HTT), Himpunan Bersatu Teguh (HBT), Keluarga Buddhaya Indonesia (KBI), Paramita Foundation, dan Yayasan Sosial Panca Bhakti Abadi (YSPBA).

Kemudian Persaudaraan Marga Zhang Riau, Persaudaraan Marga Tan Pekanbaru, Yayasan Marga Huang Pekanbaru dan Perhimpunan Marga Kho Pekanbaru, serta berbagai perkumpulan sosial lainnya.

Pada Tahun Baru Imlek 2574 ini terpilih sebagai Ketua Panitia yaitu Jasin Junus dari Yayasan Sumedha. Wakil Ketua I Lo Cie Hui dari HPT Rohil dan Wakil Ketua II Surianto Widjaja dari Yayasan Marga Huang Pekanbaru.

Menurut siklus zodiak China, 2023 merupakan tahun Kelinci, khususnya Kelinci Air. Lambang kelinci adalah symbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa.

"Jadi berbagai kegiatan telah dilakukan. Seperti Baksos donor darah massal yang telah dilaksanakan pada 19 Desember 2022 di Hotel Furaya Pekanbaru. Kegiatan itu berhasil mengumpulkan 757 kantong darah," katanya.

"Kegiatan Baksos donor darah ini dilaksanakan bekerja sama dengan PMI Pekanbaru. Dalam rangka menyambut Hari Raya Imlek 2574. Juga untuk membantu PMI Pekanbaru akan tersedianya darah, terutama menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru 2023," sambungnya.

Pada tanggal 6-15 Januari 2023, Panitia Bersama Baksos Imlek akan melaksanakan pembagian sembako di berbagai desa yang tersebar di enam kabupaten/kota di Riau. Seperti di Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Rokan Hilir (Rohil), Kota Dumai dan Pekanbaru.

Pembagian sembako ini ditujukan kepada warga pra-sejahtera yang akan merayakan imlek. Karena banyak warga yang masih tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

"Maka itu kami mengajak warga masyarakat yang memiliki kelebihan rezeki, untuk turut berbagi. Dengan warga yang pra sejahtera dalam menyambut Imlek. Agar mereka juga bisa merayakan Hari Raya Imlek 2574 ini dengan suka cita," ujar Jasin Junus.

Dirmanto Chang, Ketua PBBI 2574 menambahkan, untuk menerima pembagian sembako imlek ini, panitia telah membuka pendaftaran.

Melalui perkumpulan sosial, Yayasan, Vihara dan Kelenteng di berbagai lokasi tersebut. Tentunya penerima sembako tersebut telah memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan panitia.

"Hal ini dilakukan agar pendistribusian sembako ini bisa tepat sasaran dan bisa tertuju kepada warga yang memang benar-benar membutuhkan. Ada pun paket sembako yang diberikan berupa kebutuhan dasar, seperti beras, gula, minyak goreng, kue kaleng, minuman kaleng, indomie dan angpao," katanya.

Pembagian sembako ini dilaksanakan PBBI bekerja sama dengan Yayasan, Perkumpulan Sosial dan Kelenteng serta Vihara di mana Baksos tersebut dilaksanakan.

Aguan Handra Sekretaris Kelenteng Hok Hian Kiong Sungai Selari, di sela-sela pembagian sembako kepada awak media menyampaikan bahwa sekitar 125 paket sembako dibagikan di Sei Pakning. Kegiatan ini telah rutin setiap tahun diadakan.

"Masyarakat sangat senang dengan adanya bantuan sembako ini. Apalagi di Sei Pakning masih banyak warga kita yang pra-sejatera. Mereka sangat terbantukan dengan adanya Baksos ini," sebutnya.

Rudi Hartono Ketua Kelenteng Kwan Tee Bio Lubuk Muda menyampaikan, bahwa sudah beberapa tahun warga di Siak Kecil ini mendapat bantuan sembako saat menyambut Imlek.

"Imlek 2574 ini kami mendistribusikan sekitar 80 paket sembako yang bekerja sama dengan Panitia Bersama Baksos Imlek 2574. Warga sangat antusias untuk mendapatkan bantuan sembako ini. Namun jauh hari sebelumnya kami sudah mendata mana warga yang benar-benar memenuhi persyaratan untuk mendapatkan bantuan sembako ini," katanya. 

Acong Effendi, Humas Kelenteng Hok Liong Kiong Dumai menyampaikan terimakasih kepada PBBI 2574. Karena sudah beberapa tahun bekerja sama untuk memberikan bantuan sembako warga Dumai dan sekitarnya.

Lalu pada Minggu 8 Januari 2023 bertempat di Kelenteng Hok Liong Kiong Dumai, dibagikan 440 paket sembako. Bantuan itu diserahkan ke warga pra-sejahtera yang akan merayakan imlek dari Pelintung, Bagan Besar, Jaya Mukti, Lubuk Gaung dan sebagainya.

"Warga sangat terbantukan dengan adanya bantuan sembako ini, sejak pagi warga sudah berdatangan dengan membawa kupon yang sudah diberikan untuk menerima bantuan sembako ini," sebutnya.

Ratusan paket sembako disalurkan

PBBI 2574 tahun 2023 menyerahkan 750 paket sembako kepada masyarakat Tionghoa kurang mampu di Vihara Satya Dharma (Kwan Tee Kong Bio), Jalan Tanjung Katung, Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, pada Minggu 15 Januari 2023.

"Hari ini, kita menyerahkan bantuan untuk masyarakat di kota pekanbaru. Pembagian dipusatkan di vihara satya dharma," sebut Ketua PBBI, Tohan.

Ada terdapat 750 paket sembako yang diberikan, berupa beras, gula, minuman kaleng, kebutuhan Imlek dan angpao.

Selain di Vihara Satya Dharma, paket sembako diberikan di beberapa tempat lainnya di Kota Pekanbaru.

Sebelumnya, paket sembako dibagikan di berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Total bantuan yang diserahkan mencapai 6.500 paket sembako.

"Bagi umat tionghoa bisa berbagi adalah sesuatu yang sangat mulia. Berbagi merupakan hal bagus dan akan terus kita kembangkan. Kita akan ajak lebih banyak lagi donatur," terangnya.

Tohan berharap paket sembako dapat membantu warga Tionghoa yang merayakan Tahun Baru Imlek.

Sementara itu, salah satu penerima paket sembako, Wardi (89) mengaku senang serta mengucapkan terimakasih kepada PBBI.

"Bantuan ini sangat membantu saya, karena saya tidak mampu lagi bekerja. Saya tinggal bersama anak saya. Terimakasih untuk bantuan ini," ucapnya.

PBBI juga melakukan berbagai kegiatan yakni Bakti Sosial Donor Darah massal pada tanggal 19 Desember 2022 di Hotel Furaya Pekanbaru yang berhasil mengumpulkan 757 kantong darah. (*)

Tags : Panitia Bersama Baksos Imlek, PBBI Sambut Tahun Baru Imlek, Pekanbaru, Imlek 22 Januari 2023, Agenda Rutin PBBI Melaksanakan Bakti Sosial,