News Kota   2023/07/22 18:26 WIB

Tak Ingin Ada Balap Liar, Baliho Imbauan dari Kapolresta Pekanbaru Dipasang

Tak Ingin Ada Balap Liar, Baliho Imbauan dari Kapolresta Pekanbaru Dipasang
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian SIK MH

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru memasang baliho imbauan Stop Balap Liar, Sabtu (22/7/2023).

Hal itu dilakukan agar para remaja tidak melakukan aksi balap liar yang dapat merugikan orang lain dan diri sendiri.

Baliho bertuliskan imbauan Stop Balap Liar yang terpasang photo Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian SIK MH tersebut dipasang di beberapa lokasi yang kerap dijadikan tempat aksi balap liar.

"Di antaranya di pintu masuk stadion utama Jalan S.M Amin, MTQ Jalan Sudirman dan pintu masuk stadion Rumbai Jalan Yos Sudarso," kata Kasat Lantas Kompol Birgitta Atvina Wijayanti.

Birgitta Atvina Wijayanti mengatakan pemasangan baliho bertujuan untuk mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aksi balapan liar karena mengganggu aktivitas pengguna jalan lainnya dan berbahaya bagi pengendara itu sendiri.

"Kita pasang imbauan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa aksi balap liar ini berbahaya bagi pengendara itu sendiri dan pengguna jalan lainnya," terang Kompol Gitta.

Pemasangan baliho imbauan stop aksi balap liar ini juga masih dalam rangka Operasi Patuh Lancang Kuning 2023 dan sebagai langkah preemtif dari Satlantas Polresta Pekanbaru untuk menekan aksi balap liar.

"Kita tidak ingin para generasi muda ini menjadi korban kecelakaan lalu lintas akibat aksi balapan liar dan mengganggu pengguna jalan lainnya," tutup Kompol Gitta.

Sebelumnya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian SIK MH telah menggelar silaturahmi bersama jurnalis bidang hukum dan kriminal di Kota Pekanbaru pada Rabu 19 April 2023 kemarin malam.

Pada malam keempat dirinya bertugas di Pekanbaru itu, pria yang lahir dan besar di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri) ini mempererat kemitraan dengan insan pers. Kemitraan dalam hal ikut mendorong, menjaga dan sama-sama menciptakan kamtibmas di Kota Bertuah ini.

''Kita bisa berkoordinasi, berkolaborasi, dalam hal menciptakan kamtibmas. Saya bertanggung jawab atas kamtibmas Pekanbaru, rekan-rekan bisa menyampaikan, sekaligus kontrol pada kepolisian,'' sebut perwira yang memiliki karier panjang di bidang reserse ini.

"Ke depan kita bisa bergandengan tangan, saling mengisi, saling menciptakan kemanan dan ketertiban di Kota Pekanbaru," sambungnya.

Ayah dua anak yang berpengalaman tugas di Kepri, Sulawesi Utara, Metro Jaya, Sulawesi Selatan hingga Papua ini berharap ada jalinan komunikasi yang baik antara para jurnalis dan Polresta Pekanbaru.

Apalagi tahun pemilu sudah dekat. ''Harapannya kita dapat sama-sama menyejukkan situasi, terutama sebentar lagi 2024, tahun pemilu," sebut Kapolresta.

"Kami berharap rekan-rekan bisa berkontribusi menciptakan situasi aman, nyaman sesuai harapan kita bersama,'' ujar Kombes Pol Jefri Siagian.

Sambil duduk-duduk ngopi di salah satu kafe di Kota Pekanbaru, Kapolresta yang mengaku lebih mengenal wilayah Tanjung Pinang ketimbang Kota Medan ataupun Siantar ini, dengan cepat mengakrabkan diri.

Puluhan wartawan terlihat hadir pada pertemuan malam usai waktu tarawih tersebut.

Pada akhir pertemuan Kombes Pol Jefri Siagian mengingatkan bahwa dalam menciptakan kamtibmas perlu dukungan seluruh elemen masyarakat.

Jurnalis menurutnya juga sama-sama punya kewajiban seperti masyarakat lainnya untuk bersama-sama dengan penegak hukum dalam menciptakan situasi yang aman, nyaman dan terkendali itu.

''Kita semua punya kewajiban yang sama menghadirkan itu. Hingga Kota Pekanbaru aman, nyaman, tertib, hingga ramah bagi investor. Dengan demikian, perekonomian kota makin maju hingga berbanding lurus dengan kesejahteraan warganya,'' ungkapnya. (rp.abd/*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian SIK MH, Larangan Balap Liar, Baliho Imbauan Larangan Balap Liar,