Headline Kuniler   2023/04/02 13:7 WIB

Tanda Kurma Sebagai Makanan Pembuka Puasa Sudah Tidak Layak Konsumsi

Tanda Kurma Sebagai Makanan Pembuka Puasa Sudah Tidak Layak Konsumsi

KURMA merupakan buah yang identik dengan bulan suci Ramadhan. Umat Islam biasa mengonsumsinya sebagai makanan pembuka puasa.

Hal ini tidak heran mengingat kurma memiliki sejumlah manfaat, terutama bagi orang yang berpuasa. Buah ini mengandung gula dan serat yang tinggi sehingga mampu mengembalikan energi serta mengenyangkan.

Kurma juga dikenal sebagai buah yang tak gampang busuk sehingga bisa disimpan selama Ramadhan hingga Lebaran. Meski demikian, kurma ternyata juga bisa menurun kualitasnya sehingga tak lagi layak dikonsumsi.

Menurut Tasting Table, kurma segar mampu bertahan cukup lama. Diperkirakan, kurma segar dalam wadah tertutup bisa bertahan selama enam bulan di lemari es dan tetap beku selama setahun penuh.

Sementara kurma kering yang dibiarkan begitu saja di dapur akan bertahan selama enam bulan. Namun, jika kurma kering ini dimasukkan ke dalam lemari es hingga membeku, ia akan bertahan hingga tiga tahun. Kurma yang dikeringkan akan kekurangan air dan cenderung tidak berjamur sehingga mampu bertahan untuk waktu yang sangat lama.

Dilansir dari The Kitchn, ada tiga ciri yang perlu diwaspadai yang menandakan buah kurma sudah tidak layak konsumsi, yaitu:

1. Kurma berubah warna atau berjamur Permukaan kurma umumnya terlihat memiliki lapisan bagian luar yang terlihat seperti keriput. Lapisan ini bukanlah jamur melainkan kandungan gula di dalam buah yang mengkristal dan keluar karena kurma kehilangan kelembabannya. Kondisi yang berbahaya adalah saat terlihat ada jamur di permukaan kurma. Selain itu, kurma yang berubah warna juga menandakan buah ini sebaiknya dibuang saja.

2. Berbau tidak enak Kurma umumnya tidak memiliki bau yang kuat, melainkan hanya sedikit berbau manis. Namun, jika saat dicium baunya berubah menjadi lebih kuat dan tidak enak, maka kurma tersebut sudah busuk dan harus dibuang.

3. Ada serangga Kurma organik berpotensi menarik serangga, laba-laba, dan cacing jika terlalu lama dibiarkan. Serangga ini biasanya bersembunyi di bagian dalam buah. Tanda kurma diserang hama adalah muncul bintik-bintik cokelat kecil yang terlihat seperti serbuk gergaji di permukaannya. Untuk menghindari termakan, pastikan selalu potong kurma sebelum dimakan.

Cara menyimpan kurma

Dikutip dari Benefically, perhatikan tips membeli kurma berikut ini agar tidak cepat rusak:

Pilih kurma yang memiliki kulit tipis dan tidak berbau busuk atau asam.

Hindari memilih kurma dalam wadah terbuka karena kondisinya tidak jelas.

Saat membeli kurma kemasan, pastikan kurma tidak ditekan dan tidak saling menempel.

Pastikan kemasannya bersih.

Kenali jenis dan warna kurma yang dibeli.

Beberapa jenis kurma secara alami memiliki kerutan pada permukaan kulitnya jadi jangan khawatir kalau berkeriput.

Untuk menyimpan kurma agar tahan lama, letakkan di lemari es atau freezer.

Berikut cara penyimpanan yang baik agar kurma bisa tahan lebih lama:

1. Simpan kurma di lemari es Untuk kurma segar, sebaiknya disimpan di lemari es dalam wadah tertutup. Hal ini untuk menjaga rasa kurma dan mencegahnya dari pembusukan dan asam. Di dalam kulkas, hindari meletakkan kurma di dekat makanan yang berbau menyengat seperti bawang putih karena bisa menyebabkan kurma akan cepat bau.

2. Simpan kurma di dalam freezer Freezer adalah tempat terbaik untuk menyimpan kurma dalam waktu yang lama. Masukkan kurma ke dalam kantong plastik dengan ritsleting dan buang udara berlebih dari dalam kantong. Buat jarak satu sentimeter antara kurma dan plastik sehingga jika kurma membeku tidak merobek kantong penyimpanan. Tulis tanggal penyimpanan agar tidak terlalu banyak kurma yang disimpan dalam kantong plastik. Simpan kurma di bagian terjauh freezer. Kurma bisa tahan dalam waktu sangat lama. Namun, pastikan tetap layak dimakan dan tersimpan dengan cara yang benar. (*)

Tags : kurma, buah kurma, makan kurma saat berbuka, tanda kurma tidak layak makan, kondisi kurma yang tidak boleh dimakan, tanda kurma tidak layak dimakan,