Pekanbaru   2020/08/27 10:05:00 AM WIB

Tangkal Klaster Baru, Pemko Bakal Tempatkan Satgas Covid-19 Tiap OPD 

Tangkal Klaster Baru, Pemko Bakal Tempatkan Satgas Covid-19 Tiap OPD 
Wakil Walikota Pekanbaru, H Ayat Cahyadi

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan membantu membentuk satuan tugas (Satgas) penanggulangan COVID-19 di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat sesuai arahan Gubernur Riau guna memutus penularan corona dan munculnya klaster kantoran.

"Kita akan rapat bersama Forkopimda Kamis ini membahas rencana pembentukan Satgas Covid-19 tiap OPD," kata Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Kamis (27/8/2020) dikutip dari antarariau.

Pembentukan satgas COVID-19 di setiap OPD ini menjadi bahasan saat rapat bersama Gubernur Riau, Syamsuar, Senin (24/8/2020) lalu sebagai upaya bersama untuk pengendalian penyebaran penyakit. "Selain itu ada juga saran ahli epidimologi agar ada satgas internal di kantor swasta dan pemerintah untuk mengantisipasi munculnya klaster COVID-19 di perkantoran," kata Ayat.

"Kita akan melibatkan seluruh OPD sehingga butuh arahan dari Wali Kota Pekanbaru Firdaus sebagai Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Pekanbaru."

Menurut Ayat, di Pekanbaru juga sedang menangani peningkatan kasus konfirmasi ada ratusan pasien positif COVID-19 sehingga butuh penambahan ruangan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani untuk perawatan yang positif serta Rumah Sehat bagi Orang Tanpa Gejala (OTG). "Pekanbaru juga akan memperluas lokasi pelaksanaan uji usap tenggorokan (tes swab) ke Puskesmas di masing-masing Kecamatan bagi OTG dan keluarganya," katanya.

Sementara data tim tugas Penanggulangan COVID-19 Kota Pekanbaru pada Rabu (26/8/2020) ada penambahan kasus konfirmasi positif 22 orang, hanya satu orang yang sembuh dan pulang. Total pasien positif hingga Rabu kemarin (26/8) menjadi 496 orang dengan rincian 213 orang sembuh dan pulang sebanyak 53 orang masih dirawat di Rumah Sakit dan 222 orang isolasi mandiri serta ada delapan orang meninggal dunia. (*)

Tags : Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Bentuk Satgas Covid-19,