Headline Pendidikan   2022/02/22 8:46 WIB

Tanoto Foundation Tingkatkan Kualitas Pendidikan Modul E-Pintar yang Didukung Gubri 

Tanoto Foundation Tingkatkan Kualitas Pendidikan Modul E-Pintar yang Didukung Gubri 

PEKANBARU - Tanoto Foundation tingkatkan kualitas pendidikan modul E-Pintar yang di dudukung Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar M.Si 

"Tanoto Foundation tawarkan modul E-Pintar untuk tingkat SD dan SMP di lima Provinsi di Indonesia."

"E-Pintar ini merupakan suatu platform pembelajaran digital bagi para pendidik yang berisi tentang materi peningkatan kemampuan pedagogi dan profesionalisme guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik terhadap siswa dan siswi," kata Spesialis Komunikasi Tanoto Foundation Riau, Baharuddin Makkutana.

Adapun lima Provinsi di Indonesia yang ditawarkan modul e-Pintar oleh Tanoto Foundation adalah Provinsi Sumut, Jambi, Kalimantan Timur, Jawa Tengah dan Riau.

"Khusus Riau, Tanoto Foundation masuk pada tahun 2018, dan saat ini baru menjalankan modul e-Pintar ini di empat kabupaten/kota, yakni Dumai, Bengkalis, Siak dan Pekanbaru," ungkap Baharuddin dalam bincang-bincangnya di warung kopi Yong Bengkalis, Parit Indah, Pekanbaru, pada wartawan, Senin (21/2/2022).

Tanoto Foundation juga ikut memberikan pendampingan melalui fasilitator terhadap dosen di Universitas Riau (Unri) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Sultan Syarif Kasim Riau. "Jadi nanti fasilitator ini yang akan mengajar mahasiswa di kampus dengan menggunakan modul pintar," sebutnya lagi.

Baharuddin menyampaikan penawaran e-Pintar di sekolah ini bukan Tanoto Foundation yang mengajukan, melainkan adalah Dinas Pendidikan ke sekolah, kemudian barulah Kepala sekolah yang berkomitmen apakah sekolah tersebut bisa menerapkan konsep yang di tawarkan.

"Kemudian setelah itu barulah Tanoto Foundation merekrut fasilitator dengan seleksi, dan yang lulus baru dilatih. Karena nantinya fasilitator ini yang akan melatih guru dan melakukan pendampingan bagi sekolah binaan atau mitra," terangnya.

Disamping itu, ucapnya lagi, Tanoto Foundation juga mendampingi para guru untuk memanfaatkan dan memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

"Jadi aplikasi ini yang akan menjadi media guru untuk fasilitasi siswa belajar aktif dengan memanfaatkan aplikasi daring saat pandemi Covid-19 seperti sekarang," imbuhnya.

Ditambahkannya, Tanoto Foundation juga fokus pada tiga pilar komitmen, diantaranya yaitu meningkatkan sumber daya masyarakat melalui perbaikan lingkungan belajar, kemudian  pengembangan pemimpin masa depan, serta memfasilitasi riset medis.

"Hingga kini, sudah ada sebanyak 30 sekolah di Pekanbaru yang terdiri dari SD dan SMP yang menjadi mitra Tanoto Foundation," tuturnya.

Adapun 30 sekolah yang menjadi percontohan atau mitra Tanoto Foundation diantaranya yaitu MTSN 3 Pekanbaru, SMPN 3 Pekanbaru, SDN 15 Pekanbaru, SDN 153 Pekanbaru, SDN 6 Pekanbaru, SMPN 12 Pekanbaru, MTSN 2 Pekanbaru, SMPN 8 Pekanbaru, SMPN 15 Pekanbaru, SDN 25 Pekanbaru. (*)

Tags : Tanoto Foundation, Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Modul E-Pintar Didukung Gubri ,