News   2024/09/23 22:25 WIB

Taufiq OH Sebagai Plh Sekdaprov Riau Memicu Serangkai Pertanyaan, 'karena Penunjukannya Mendadak, Juga Seperti Krisis Kepemimpinan'

Taufiq OH Sebagai Plh Sekdaprov Riau Memicu Serangkai Pertanyaan, 'karena Penunjukannya Mendadak, Juga Seperti Krisis Kepemimpinan'
Taufiq OH, Kadisperindagkop UKM Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemprov Riau resmi menunjuk Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMK [Kadisperindagkop UKM] Riau, Taufiq OH sebagai Pelaksana Hariann [Plh] Sekdaprov Riau menggantikan SF Hariyanto yang kini maju di Pilgubri sebagai bakal calon wakil gubernur Riau.

"Pemprov menunjuk Kadisperindagkop UKM Riau jadi Plh Sekda Riau."

“Kepemimpinan Pj Gubernur Riau Rahman Hadi terkesan hanya menjalankan roda pemerintahan tanpa ada perubahan signifikan. Penunjukan Kadisperindagkop UKM Riau, Taufiq OH sebagai Plh Sekdaprov Riau terkesan dipengaruhi oleh muatan politik,” kata Wawan Sudarwanto dari Lembaga Penelitian Pengembangan Pendididkan [LP3] Anak Negeri menanggapi pengangkatan Jabatan Sekdaprov Riau ini, Senin.

Wawan mengkritik gaya kepemimpinan Rahman Hadi yang dinilai stagnan dan tidak memperhatikan dinamika kebutuhan pemerintahan.

Ia menambahkan bahwa situasi politik yang sedang memanas di Riau mungkin memiliki pengaruh besar terhadap keputusan ini.

Ia menekankan pentingnya menjaga netralitas dan profesionalitas dalam kepemimpinan, terutama dalam kondisi politik yang tidak stabil.

Masyarakat dan pemangku kepentingan menunggu respons dari Pj Gubernur Riau Rahman Hadi, terutama mengenai klarifikasi dan langkah-langkah yang akan diambil untuk memastikan stabilitas dan integritas pemerintahan menjelang pilgub yang akan datang (27 November 2024).

Penunjukan Kadisperindagkop UKM Riau, Taufiq OH sebagai Plh Sekdaprov Riau juga menjadi pembicaraan dua mantan Sekda [Yan Prana Jaya dan Indra SE MM] tadi saat ngopi bersama dibilangan Jalan Paus, Pekanbaru, Senin (23/9).

Terungkap hasil pembicaraan kedua mantan pejabat Sekdaprov ini yang sedang kebingungan dan terkejut karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya mengenai perubahan tersebut.

Kejutan tersebut ketika mantan Indra SE MM yang mengaku, kalau dirinya tak ada diberitahu dan dipanggil oleh Pj Gubri, tetapi secara mendadak Kadisperindagkop UKM Riau, Taufiq OH sebagai Plh Sekdaprov Riau.

Indra yang semula sempat menjabat Penjabat [Pj] Sekdaprov Riau [masa kepemimpinan Pj Gubri SF Hariyanto], kini Ia kembali menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah [BPKAD] Provinsi Riau.

Taufiq OH tiba-tiba menduduki kursi Sekdaprov.  

"Untuk Sekda Riau pak Pj Gubernur menunjuk Plh-nya pak Taufiq OH. Sedangkan untuk tiga jabatan eselon II Pemprov Riau lainnya ditunjuk Plt sambil menunggu proses seleksi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah [BKD] Riau, Mamun Murod, Senin (23/9).

Mamun Murod menyebutkan, selain jabatan Sekda Riau, terdapat tiga jabatan lain yang mengalami kekosongan pasca maju Pilkada.

Tetapi penunjukan Taufiq OH sebagai Plh Sekdaprov tetap saja memicu serangkaian pertanyaan dari berbagai pihak.

Ma'mun Solikhin, selaku Ketua Sementara DPRD Riau, menuntut klarifikasi dari Pj Gubri mengenai status dan durasi penunjukan Taufiq OH sebagai Plh Sekdaprov.

“Karena sudah memicu serangkai pertanyaan kan? Kami ingin tahu siapa yang sekarang menjadi Plh Sekda dan sudah berapa lama menjabat. Kami di sini kaget dan bingung karena tidak diberitahu tentang pergantian posisi penting ini,” ucap Ma'mun Solikhin didepan wartawan.

Kembali seperti disebutkan Wawan Sudarwanto dari LP3 Anak Negeri, Plh Sekda Provinsi Riau yang paling dasar tujuannya untuk pembentukan karakter kepemimpinan sangat penting.

Karakter yang diharapkan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi isu strategis di Provinsi Riau.

"Isu strategis dan kepemimpinan pelayanan publik, tentunya sangat berkaitan sekali bagaimana peran seorang pemimpin dalam rangka menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi isu strategis saat ini di Provinsi Riau," ungkapnya.

Menurutnya, dalam mengatasi berbagai permasalahan, perencanaan, dan evaluasi, tentunya dibutuhkan karakter kepemimpinan yang kuat dan memiliki etos kerja yang tinggi.

"Kita punya isu terkait dengan kebencanaan, kesehatan, sumber daya manusia, infrastruktur, ekonomi dan lainnya. Ini membutuhkan satu penyelesaian dan hal itu tentunya tidak terlepas dari layanan publik, maka harus dapat kita siapkan dengan baik," katanya.

Jadi Wawan menilai, sebagai Aparatur Sipil Negara [ASN] Sekda memiliki tugas dalam melayani pelayanan publik dengan baik, sehingga diharapkan memiliki motivasi dan kemampuan dalam mengoptimalkan pelayanan publik. (*)

Tags : pj gubri rahman hadi, pj gubri tunjuk plh sekdaprov riau, taufiq oh jadi plh sekdaprov, pengangkatan plh sekda memicu serangkai pertanyaan, kekacauan kepemimpinan, penunjukan mendadak plh sekda, News,