Headline News Daerah   2024/07/07 22:11 WIB

Telah Ditemukan Ikan Aneh Mirip Dinosaurus Bermata Besar di Kolam Milik Warga Lingga

Telah Ditemukan Ikan Aneh Mirip Dinosaurus Bermata Besar di Kolam Milik Warga Lingga

DAIK LINGGA, RIAUPAGI.COM - Museum Linggam Cahaya, Daik Lingga, Kepulauan Riau [Kepri] ada ikan aneh mirip dinosaurus bermata besar. Hewan ini dinamakan ikan Talang yang awalnya ditemukan di kolam milik warga Lingga. 

Sebelumnya pada penemuan ikan aneh mirip dinosaurus bermata besar ini sempat membuat warga kaget dan diserahkan pada Museum. Ikan itu [di air keras] dan dipajang di museum.

Tak banyak diketahui asal usul ikan [Talang] yang aneh ini. Tetapi warga sebagai pemilik kolam menyerahkannya pada pihak museum. 

"Sangat menakjubkan. Saya belum pernah melihat yang seperti ini. Sangat aneh. Seperti dinosaurus. Pihak Museum menamakan hewan langka itu dengan sebutan ikan Talang," kata Edy salah satu pengunjung Museum.

Sayangnya, ratfish itu kemudian mati karena di air keras dan dipajang di Museum Linggam Cahaya.

Jadi, warga membawanya ke museum untuk dipajang karena tergolong hewan langka.

Tetapi meski bentuk ikan itu yang sama sekali tidak menawan, tubuhnya juga berbentuk keris.

"Tidak diketahui dengan jelas apakah ikan itu enak dimakan," pungkas Edy.

Diketahui, ikan mirip dinosaurus itu bernama ikan Talang, dengan nama latin scomberoides tala, dari karakter mitologi Yunani tentang hewan berkepala singa dan berekor ular.

Ikan itu hidup di laut dalam, dan berkerabat dengan hiu yang jika ditarik mundur, sekitar 300 juta tahun silam.

Talang diketahui tidak membahayakan manusia, dengan makanan kesukaannya adalah sebangsa crustacea seperti kepiting serta siput laut.

Ikan yang dinamai karena ekornya mirip tikus itu mempunyai mata besar untuk membantunya melihat dalam kegelapan, dengan sistem yang sama seperti ikan bermata besar mirip dinosaurus. (*)

Tags : ikan aneh, museum linggam cahaya, lingga, kepri, ikan aneh mirip dinosaurus, ikan talang bermata besar, News Daerah,