Bisnis   2024/09/19 17:10 WIB

Telkomsel Peroleh Pengakuan Internasional yang Raih 2 Penghargaan Asian Technology Excellence Awards 2024

Telkomsel Peroleh Pengakuan Internasional yang Raih 2 Penghargaan Asian Technology Excellence Awards 2024

BANGKOK - Inovasi Telkomsel dalam memanfaatkan teknologi terkini kembali memperoleh pengakuan internasional. Perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia ini berhasil meraih dua penghargaan prestisius dalam ajang Asian Technology Excellence Awards 2024 yang diselenggarakan di Thailand, 5 September 2024 lalu.

Penghargaan tersebut mencakup Indonesia Technology Excellence Award in the Automation dan Indonesia Technology Excellence Award in the Gaming, menunjukkan komitmen Telkomsel untuk terus memimpin perubahan dalam dunia teknologi.

Telkomsel dianugerahi penghargaan Indonesia Technology Excellence Award in the Automation berkat terobosan mereka dalam penerapan Intelligent Automation.

Penggunaan Robotic Process Automation (RPA) yang mereka kembangkan terbukti berhasil menyelesaikan sekitar 300 ribu transaksi administratif setiap bulannya di tim penjualan, termasuk validasi data dan pelaporan.

"Dengan RPA, kami mampu menghemat waktu hingga 12 ribu jam kerja per bulan dan mempercepat proses administrasi hingga 70 persen," ungkap Direktur IT Telkomsel, Joyce Shia.

Selain itu, penerapan Machine Learning (ML) pada asisten virtual Veronika memungkinkan Telkomsel mempercepat klasifikasi Net Promoter Score (NPS) hingga 90 persen, yang berdampak pada analisis yang lebih akurat.

Tak hanya itu, penerapan Intelligent Business Process Management (IBPM) telah membantu menyelaraskan seluruh proses manajemen distribusi dan inventaris dalam satu sistem.

“Efisiensi transaksi meningkat hingga 50 persen, dan kami terus berinovasi dengan penerapan Generative AI (Gen AI) di area Corporate Escalation and Solution,” tambah Joyce.

Selain keberhasilan di bidang otomatisasi, Telkomsel juga meraih penghargaan Indonesia Technology Excellence Award in the Gaming atas kontribusinya dalam mengembangkan ekosistem game melalui platform Dunia Games.

Sejak diluncurkan pada 2019, Dunia Games telah melayani hingga 40 juta pengguna, menjadi solusi utama bagi komunitas gaming dan esports di Indonesia.

Dengan memanfaatkan arsitektur microservices dan serverless, Dunia Games memberikan pengalaman bermain game yang lebih cepat dan interaktif.

"Kami juga telah menyelenggarakan lebih dari 111 ribu turnamen dengan 590 ribu gamer aktif yang terlibat," ujar Joyce.

Dunia Games juga memperkenalkan fitur-fitur baru seperti Live Streaming dan Forum Posts yang berhasil meningkatkan total tayangan konten hingga lebih dari 640 persen.

Tidak hanya itu, inovasi berupa GamesMAX Booster dan Multi-Payment Voucher juga diperkenalkan untuk mengatasi masalah jaringan dan memudahkan transaksi.

“Terinspirasi semangat Indonesia, Telkomsel terus mendorong perubahan dengan menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan yang unggul untuk semua orang, setiap rumah, dan bisnis, guna membuka semua peluang kemajuan," sebutnya.

Penghargaan dari Asian Technology Excellence Awards 2024 menurutnya adalah bukti nyata dari komitmen Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Asia, terutama dalam menghadirkan solusi teknologi yang berfokus pada pelanggan.

“Kami menempatkan pelanggan sebagai pusat dari inovasi kami. Dengan demikian, Telkomsel akan terus adaptif dan relevan, menghadirkan manfaat teknologi terkini bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia," tambahnya.

Asian Technology Excellence Awards merupakan ajang penghargaan paling bergengsi di Asia yang didedikasikan bagi proyek-proyek inovatif di bidang teknologi.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang berada di garis depan disrupsi digital dan memimpin transformasi teknologi di berbagai industri.

Setiap negara, seperti Indonesia, Hongkong, Malaysia, Singapura, dan kawasan Timur Tengah, memiliki perwakilan pemenang di setiap kategori.(rilis)

Tags : Penghargaan Asian Technology Excellence Awards 2024, Telkomsel Raih Penghargaan, Telkomsel Peroleh Pengakuan Internasional,