Riau   2022/06/12 11:58 WIB

Tempat Vaksin Dibuka dan Booster Kembali Digencarkan, 'Tapi Kasus Covid-19 Sudah Menurun'

Tempat Vaksin Dibuka dan Booster Kembali Digencarkan, 'Tapi Kasus Covid-19 Sudah Menurun'

PEKANBARU - Covid-19 terus menurun, namun tempat vaksin tetap dibuka. Dinas Kesehatan (Diskes) Riau juga tetap melakukan vaksinasi dosis II dan Booster.

 "Walau Covid-19 menurun, tempat Vaksinasi tetap dibuka."

"Vaksin dosis 1 kita sudah tinggi, mendekati angka 100 persen, begitu juga vaksin dosis 2 sudah 82 persen. Tetapi vaksin ke tiga atau booster masih rendah, kami minta untuk mensosialisasikannya," kata Gubenur Riau (Gubri) Syamsuar, seperti dirilis MCR, Sabtu (11/6).

Gubri mengatakan capaian vaksin booster di Riau masih rendah, yakni 18 persen. Ia meminta Dinas Kesehatan Provinsi Riau kembali membuka tempat-tempat vaksin supaya masyarakat yang belum melakukan vaksin booster bisa divaksin.

Untuk lebih melindungi diri dari terpapar virus Corona, Syamsuar mengimbau masyarakat yang sudah melakukan vaksin dosis pertama dan kedua, supaya melajutkan untuk divaksin booster, karena Covid-19 belum berakhir.

"Saya sudah minta kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, untuk kembali membuka tempat-tempat vaksin, supaya nanti masyarakat kita yang mau vaksin booster bisa divaksin," jelasnya.

Apalagi, saat ini varian Covid-19 masih ada dan diharapkan masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

"Kalau di tempat tertutup disarankan memakai masker. Apalagi masih ada varian Omicron, memang tidak bergejala tapi penularannya sangat cepat," imbaunya.

Untuk diketahui, hingga 10 Juni, jumlah kasus Covid-19 di Riau selama pandemi mencapai 150.467 kasus. Dengan rincian, sudah sembuh 146.023 orang, masih rawat di rumah sakit 2 orang, isolasi mandiri 4 orang, dan 4.438 orang meninggal dunia. 

Sementara DinasKesehatan (Diskes) Riau tetap gencar melakukan vaksinasi dosis II dan booster.

"Kini capaian vaksinasi tahap pertama di Riau cukup tinggi, dan saat ini pihaknya fokus pada vaksinasi tahap dua dan vaksin booster," kata Kadiskes Riau Zainal Arifin.

"Pemprov Riau saat ini sedang menggenjot vaksin kedua dan booster. Sejauh ini vaksin kedua mencapai 79,43 persen dan booster 18,18 persen," sambungnya.

Zainal menuturkan, pihaknya terus fokus menggenjot tingkat vaksinasi tahap dua dan booster, meski Covid-19 di Riau sekarang ini sudah melandai. "Kita terus fokus vaksinasi tahap dua dan booster. Kalau untuk tahap satu, sudah hampir 100 persen," ungkapnya.

Menurutnya, ada 3 kabupaten/kota di Riau yang capaian vaksinasi pertamanya sudah melebihi 100 persen dari target, yakni Kota Pekanbaru 117,67 persen, Dumai 104,87 persen dan Rohil 100,84 persen. "Sedangkan 9 kabupaten lainnya rata-rata capaian vaksinasi dosis pertama sudah di atas 90 persen," sebutnya.

Beberapa daerah di Riau capaian vaksinasinya masih rendah diantaranya, Kabupaten ‎Kuansing 91,19 persen dan Siak 91,53 persen.

Kemudian Kampar 91,57 persen, Rohul 91,70 persen, Meranti 92,23 persen, Inhu 94,03 persen, Bengkalis 95,72 persen, Pelalawan 97,27 persen dan Inhil 97,88 persen.

"Kita terus melakukan vaksinasi dosis satu sampai booster. Alhamdulillah masyarakat juga bersemangat untuk divaksin," tandasnya. (*)

Tags : Tempat Vaksin Dibuka, Kasus Corona Menurun, Vaksin Booster Masih Rendah, Kesehatan ,