Headline Batam   2020/07/30 12:22:00 PM WIB

Tenaga Kerja Tiongkok di Batam Terjangkit Corona

Tenaga Kerja Tiongkok di Batam Terjangkit Corona

BATAM - Seorang tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok dipastikan positif virus korona atau covid-19. "Laki-laki, TKA perusahaan di Kawasan Kabil, beralamat di mes perusahaan merupakan kasus baru covid-19 nomor 204 Kota Batam," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, Muhammad Rudi.

TKA itu adalah pekerja di pabrik plastik di Kawasan Industri Kabil dan sudah tinggal di lokasi tersebut sejak awal Februari 2020. Rudi menyatakan, warga RRT itu mengeluh demam dan batuk lalu berobat di rumah sakit swasta di Kecamatan Batam Kota. "Dari hasil pemeriksaan, harus dilakukan perawatan. Namun menolak dan meminta pengobatan rawat jalan saja," kata Rudi pada media, Sabtu (20/6) kemarin.

Tim medis mengedukasinya untuk isolasi mandiri. Pada 15 Juni 2020, TKA itu menjalani swab test secara mandiri yang hasilnya positif. Rudi menjelaskan, TKA itu mengaku lebih sering tinggal dalam mes perusahaan selama bekerja di Kota Batam dan jarang pergi ke tempat lain.

Kondisi yang bersangkutan relatif stabil dan tidak merasakan gangguan kesehatan dan saat ini sudah dalam perawatan isolasi/karantina di RSKI covid-19 Galang. Hingga Sabtu (20/6), tercatat 208 warga positif covid-19 di Batam, yang terdiri dari warga negara asing, warga daerah lain, dan penduduk Batam. Sebanyak 124 orang di antaranya sembuh, 12 meninggal dan yang lain masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan. (*)

Tags : tiongkok, batam, covid-19, RS khusus infeksi pulau galang, index,