Politik   2024/03/20 22:12 WIB

Tiga Caleg Cantik dari Riau yang Memiliki Suara Tertinggi dan Duduk di DPR RI

Tiga Caleg Cantik dari Riau yang Memiliki Suara Tertinggi dan Duduk di DPR RI
Iyeth Bustami, Karmila Sari dan Dewi Juliani

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Tiga calon legislatif [Caleg] cantik dari Riau [Iyeth Bustami, Karmila Sari dan Dewi Juliani] yang duduk di DPR RI berhasil meraup suara tertinggi.

Perolehan suara caleg perempuan untuk Pileg DPR RI Dapil Riau 1 dan 2 ini, berdasarkan hasil akhir rekapitulasi suara tingkat provinsi oleh KPU Riau yang rampung Sabtu (9/3/2024) kemarin.

Sebagai informasi Daerah Pemilihan (Dapil) Riau I memiliki 7 kursi. Daerahnya meliputi Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.

Sementara Dapil Riau 2 tersedia 6 kursi dengan wilayah pemilihan Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kuansing.

Berikut perolehan suara caleg cantik untuk Pileg DPR RI Dapil Riau 1 dan 2.

Ada nama Iyeth Bustami, politikus PKB. Penyanyi dangdut dan Melayu saat ini memperoleh 80.750 suara.

Iyeth diketahui sudah tiga kali bertarung untuk maju ke Senayan. Iyeth maju pertama kali tahun 2014, 2019 hingga akhirnya maju kembali pada tahun 2024 dan berhasil meraup suara tertinggi di internal partai.

Pencapaian ini sekaligus mengantarkan PKB meraih kursi di Dapil Riau 1. Mengingat pada Pemilu 2019, PKB tak mendapat kursi ke Senayan dari Dapil ini.

Kemudian ada nama Dewi Juliani, politisi PDI Perjuangan. Ia meraup 99.345 suara dan menjadi pemimpin dalam perolehan suara di Partainya.

Dewi Juliani bahkan melampui suara petahana, Effendy Sianipar yang meraih 64.641 suara.

Selanjutnya ada nama Karmila Sari dari Partai Golkar yang meraih 89.835 suara. Anggota DPRD Provinsi Riau ini perolehan suara kedua terbanyak caleg Partai Golkar dalam Pileg DPR RI dapil Riau 1.

Posisi teratas ada Mantan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dengan 101.876 suara. Berdasarkan metode Sainte Lague, Golkar di DPR RI Dapil Riau 1 meraih 2 kursi. Partai beringin itu "merebut" kursi dari PAN sebagai partai dengan suara terbanyak ketujuh.

Perolehan suara caleg perempuan ini menandai langkah maju dalam partisipasi politik perempuan di Riau. Diharapkan Iyeth Bustami, Karmila Sari, Dewi Jualiani dan Caleg perempuan lainnya bisa memberikan kontribusi yang signifikan di DPR RI. (*)

Tags : calon legislatif, tiga caleg cantik dari riau, caleg cantik miliki suara tertinggi, tiga caleg cantik dari riau duduk di DPR RI,