Hukrim   2024/09/01 18:41 WIB

Tim Investigasi Kumpulkan Informasi dan Data Terkait Terbakarnya Kolam Limbah PT BSP 

Tim Investigasi Kumpulkan Informasi dan Data Terkait Terbakarnya Kolam Limbah PT BSP 
Ilustrasi kolam limbah

SIAK - Kebakaran hebat melanda kolam limbah milik PT Bumi Siak Pusako (BSP) di Areal Zamrud, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (30/8/2024) malam.

"Tim Iivestigasi kumpulkan informasi dan data."

“Ya, tim pemadam sudah meluncur ke lokasi,” kata Kabid Damkar BPBD Siak, Irwan Pryatna.

Irwan Pryatna mengatakan, tim pemadam kebakaran segera dikerahkan ke lokasi begitu mendapat laporan.

Ia menjelaskan, kebakaran terjadi di kolam limbah PT BSP yang berada di Areal Zamrud. Menurutnya, dua unit mobil Damkar BPBD Siak dengan kapasitas 10.000 liter telah diberangkatkan untuk memadamkan api.

Selain dari BPBD Siak, tim pemadam kebakaran dari PT BSP juga langsung turun tangan dalam upaya pemadaman.

“Semua tim turun, termasuk dari Manggala Agni juga turun,” tambahnya.

Sebelumnya, External affairs Manager, Riky Hariansyah menyatakan, api yang berkobar besar terlihat menyala dengan dahsyat, mengepulkan asap hitam tebal yang mengkhawatirkan warga sekitar.

Peristiwa kebakaran ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 23.10 WIB.

"Untuk antisipasi serta percepatan penanganan, manajemen meminta bantuan dari beberapa peralatan pemadaman yakni dari BPBD Siak, PT Arara Abadi (AA), PEP Lirik Terminal Buatan, Manggala Agni Siak, dan dari PT PHR Minas," kata Riky Hariansyah, Sabtu (31/8).

Riky Hariansyah mengatakan, Tim yang sedang on duty segera melakukan tindakan pemadaman dengan peralatan BSP yang ada.

Riky menuturkan, pemadaman api dilakukan dengan foam agar api dapat di lokalisir dan dikendalikan lebih cepat.

"Akhirnya dengan kerjasama seluruh tim api dapat kita kendalikan dan kita padamkan pada sekitar pukul 01.03 WIB," sebutnya.

Terkait penyebab kebakaran, Riky mengungkapkan, tim PT BSP sedang melakukan investigasi penyebabnya, dan sampai hari ini tim masih mengumpulkan informasi dan data pendukung untuk mengetahui penyebabnya.

"Alhamdulillah tidak ada korban yang terjadi. Pada saat kejadian BSP melakukan koordinasi dengan pihak SKK Migas, Polres Siak, Dandim Siak dan Pemkab Siak," ungkapnya.

Sementara itu, dari video yang beredar di media sosial, terdengar suara seorang petugas pemadam yang menyebut, kebakaran terjadi di lokasi pelimpahan minyak di BOB, yang kini dikelola PT BSP di Areal Zamrud. (*)

Tags : sumur minyak terbakar, pt bumi siak pusako, sumur minyak bsp terbakar, tim nnvestigasi kumpulkan informasi dan data, kolam Llimbah bsp ,