News Daerah   2023/12/29 22:3 WIB

TNI AL Tetapkan Desa Sungai Cingam Rupat Jadi Kampung Bahari

TNI AL Tetapkan Desa Sungai Cingam Rupat Jadi Kampung Bahari
Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Johansyah Syafri saat hadiri peresmian Kampung Bahari di Desa Sungai Cingam.

RUPAT - Dalam sebuah upacara yang diselenggarakan secara serentak dengan 68 program Kampung Bahari lainnya di seluruh Satuan Komando TNI AL Indonesia, Desa Sungai Cingam di Kecamatan Rupat secara resmi ditetapkan sebagai Kampung Bahari oleh TNI Angkatan Laut Indonesia.

Acara virtual ini, yang dipimpin Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) TNI Angkatan Laut, Mayjen TNI Marinir Markos, berlangsung Senin (4/12/2023).

Pada saat peresmian, Bupati Bengkalis, Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Johansyah Syafri.

Bersama Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai, yang diwakili Letkol Laut (PM) Priatno, Johan ikut serta dalam peresmian Kampung Bahari di Sungai Cingam, Kecamatan Rupat.

Tema peresmian ini adalah 'Kampung Bahari TNI AL Siap Mendukung Transformasi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera.'

Johansyah Syafri menyampaikan rasa terimakasih kepada Danlanal Dumai dan timnya atas inisiasi dan penunjukan Desa Sungai Cingam di Kecamatan Rupat sebagai Kampung Bahari tahun 2023.

"Pemerintah kabupaten bengkalis menyambut baik dan siap mendukung keberadaan kampung bahari ini karena bagi kami, keberadaan kampung bahari sangat bernilai strategis," ucapnya.

"Ini tidak hanya menandakan kehadiran TNI AL di tengah masyarakat tetapi juga merupakan perwujudan komitmen TNI AL untuk membangun ketahanan wilayah maritim di tingkat desa. Desa-desa di wilayah pesisir sangat penting untuk pertahanan negara," papar Johan.

Ia menekankan, keberadaan kampung bahari ini akan erat kaitannya dengan upaya pengembangan potensi-potensi di desa tersebut, terutama di bidang pariwisata bahari.

Mengingat Pulau Rupat merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), diharapkan dapat mendukung berbagai program pembangunan nasional dan membuat masyarakat pesisir menjadi lebih maju dan sejahtera.

"Selamat untuk desa sungai cingam di kecamatan rupat. Buktikan masyarakat desa sungai cingam siap bersinergi dan mendukung program TNI AL indonesia. Lanjutkan untuk membangun kerjasama dan saling melengkapi antara pemerintah desa, masyarakat, dan TNI AL," tuturnya.

"Melalui peresmian kampung bahari ini, semoga sinar terang desa-desa pesisir di negeri tercinta ini menjadi semakin jelas, dimulai dari Sungai Cingam, berkat dukungan TNI AL," tutupnya.

Sementara itu, Danlanal Dumai, yang diwakili Letkol Laut (PM) Priatno, menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas berhasilnya program Kampung Bahari di Sungai Cingam.

Ia berharap, program ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir. Pada kesempatan ini, ia juga memberikan bantuan bahan kepada Pemerintah Desa Sungai Cingam. (*)

Tags : TNI AL, Desa Sungai Cingam Rupat, Bengkalis, Desa Jadi Kampung Bahari, News Daerah,