Artikel   2021/01/16 16:4 WIB

Tokoh Agama Tanjung Pinang Doakan-Dukung Komjen Listyo Sigit Prabowo Amanah Pimpin Polri

Tokoh Agama Tanjung Pinang Doakan-Dukung Komjen Listyo Sigit Prabowo Amanah Pimpin Polri
Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tanjungpinang, HM Juramadi Esram

SEJUMLAH tokoh agama di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau [Kepri] merespons kebijakan Presiden Jokowi yang menunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Salah satunya tokoh agama di Kepri yakni HM Juramadi Esram, Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tanjungpinang yang menyampaikan dukungannya pada Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal pengganti Jendral Idham Aziz.

Juramadi Esram berharap, jendral polisi yang kini menjabat Kabareskrim itu amanah dalam memimpin Polri ke depan. Komjen Listyo Sigit Prabowo diusulkan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri pada Rabu (13/1). Jendral polisi kelahiran Kota Ambon, Maluku 5 Mei 1969 tersebut menjabat Kabareskrim sejak 6 Desember 2019. Saat itu, dia menggantikan Jendral Idham Azis yang diangkat menjadi Kapolri.

"Kebijakan Jokowi juga menuai respons dari sejumlah ulama di Kepri. Mereka mendukung keputusan Presiden yang memberi amanah kepada Komjen Pol Listyo menjadi pemimpin Polri yang baru," katanya.

"Saya mendukung pemerintah atas penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri," kata Juramadi Esram melalui rilisnya, Sabtu (16/1/2021).

Juramadi Esram berharap, Polri semakin maju di bawah kepemimpinan Sigit. "Semoga segala keputusan yang telah ditetapkan dapat menjadikan Polri ke depan semakin profesional, maju dan amanah," ujarnya.

Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ditunjuk Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri untuk menggantikan Jendral Idham Azis yang akan pensiun akhir Januari nanti. Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 tersebut harus menjalani fit and proper test atau tes kelayakan di Komisi III DPR mulai Senin pekan depan. “Prinsipnya, kami mendukung langkah Presiden RI. Penunjukan Kapolri merupakan Hak Prerogatif Presiden. Kita memberikan dukungan,” terang HM Juramadi Esram lagi.

Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tanjungpinang, HM Juramadi Esram juga menjelaskan, sebagai warga negara, baik sepenuhnya mempercayakan pemilihan jabatan Kapolri kepada Presiden RI karena itu adalah hak prerogatifnya. Dan, siapapun yang menjadi Kapolri  merupakan putra terbaik bangsa, yang telah melalui proses. "Tentunya penunjukan ini sudah melalui pertimbangan yang sangat matang dan sosok Komjen Listyo sendiri merupakan Jenderal yang sangat berprestasi", pungkasnya. 

Penulis: Yata
Editor: Syamsul Bahri

Tags : vaksinasi, vaksin covid-19, vaksin corona, pemkot surabaya, birojatim, listyo sigit prabowo,