Headline Bisnis   2020/08/18 07:57:00 AM WIB

Tokopedia Play Fest Hadirkan Pegiat UMKM Inspiratif Secara Virtual

Tokopedia Play Fest Hadirkan Pegiat UMKM Inspiratif Secara Virtual

BISNIS - Tokopedia hari ini menggelar Tokopedia Play Fest secara virtual di kanal video streaming Tokopedia Play. Kegiatan ini juga sekaligus merayakan HUT ke-11 Tokopedia, serta memperingati HUT ke-75 RI yang jatuh di tanggal sama. Salah satu rangkaian acaranya adalah talk show bersama para pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang. Dengan bertemakan ‘Find Your New Spirit During a Pandemic’, menghadirkan para pegiat UMKM lokal inspiratif.

Di antaranya, Pendiri Dua Coffee, Omar Karim Prawiranegara, Pemilik Dewa Collection Bali, Dewanti Amalia Artasari, dan Pendiri Jakcloth, Ucok Nasution. Acara yang berlangsung pada pukul 13.00-14.00 WIB ini dibawakan oleh Host dan Pendiri Damn! I Love Indonesia, Daniel Mananta. Dalam talkshow tersebut Omar mengatakan, penjualan online kini menjadi tulang punggung bisnis di tengah pandemi. Sekitar 80 persen penjualan produk Dua Coffee, seperti biji kopi hingga kopi literan, datang dari Tokopedia. Dua Coffee juga berinovasi menghadirkan produk makanan siap saji dan camilan.

Amalia juga mengungkapkan hal serupa, Tokopedia sangat membantu Dewa Collection Bali tetap beroperasi di situasi ini. Ia bahkan harus menambah karyawan untuk memenuhi lonjakan pesanan online di tengah pandemi, yang mencapai lebih dari lima kali lipat. “Saya mempekerjakan lebih dari 30 pengrajin benang dan terus berharap bisa membuka lapangan pekerjaan untuk lebih banyak masyarakat,” ungkap dia dalam acara tersebut, Senin (17/8).

Dalam kesempatan yang sama, Ucok selaku Pendiri Jakcloth, sudah dua kali menggelar bazar fesyen lokal virtual di Tokopedia. Ucok berharap, kolaborasi antara bisnis offline dan online seperti ini bisa membantu membangkitkan perekonomian Indonesia, salah satunya lewat industri fesyen lokal. VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menyatakan, akan konsisten memberikan panggung luas bagi para pegiat usaha lokal. Dan salah satunya melalui Tokopedia Play Fest ini, Tokopedia ingin lebih banyak masyarakat yang bangga dengan produk buatan Indonesia. “Kami juga berharap semakin banyak UMKM yang tergerak memanfaatkan teknologi demi mempertahankan bisnis sekaligus berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi yang saat ini terdampak pandemi,” kata dia mengakhiri. (rp.sul/*)

Tags : Tokopedia, HUT ke-75 RI, UMKM,