Riau   2020/09/25 12:29 WIB

Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan Presiden Jokowi

Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan Presiden Jokowi

Perusahaan Hutama Karya memastikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai bakal diresmikan diresmikan Presiden RI Joko Widodo dan dibuka untuk umum digratis sekitar satu bulan ke depan.

PEKANBARU - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai secara virtual hari ini. Setelah diresmikan, menurut PT Hutama Karya (Persero), Jalan Tol Pekanbaru-Dumai bakal dibuka untuk umum dan masih gratis sekitar satu bulan ke depan.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan perseroan akan melakukan evaluasi sampai terbitnya surat keputusan menteri terkait penetapan tarif. "Biasanya setelah diresmikan, akan beroperasi dan masih gratis. Biasanya satu bulan dan setelah itu akan dilakukan evaluasi sampai terbitnya SK Menteri PUPR terkait penetapan tarif tol," ujarnya.

Sebelumnya PT Hutama Karya (Persero) menyatakan proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (25/9/2020). Tol sepanjang 131 kilometer di Provinsi Riau ini sudah mengantongi Sertifikat Laik Operasional untuk ruas tol sepanjang 131 kilometer tersebut yang terbit pada 9 September 2020.

Hutama Karya, kata Muhammad Fauzan pada media, Kamis (24/9/2020) sudah melaksanakan serangkaian prosedur seperti uji layak fungsi atau ULF yang merupakan tahap penentuan sebuah jalan tol apakah layak untuk dioperasikan atau tidak. Tol Pekanbaru– Dumai seksi 1 telah melewati masa ULF dan telah dibuka secara fungsional pada periode Lebaran 2020 lalu. Menyusul seksi 1, seksi tol lainnya yakni dari seksi 2 (Minas–Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utara–Dumai) kembali dilakukan serangkaian ULF pada bulan Juli lalu.

Tol Pekanbaru–Dumai terdiri dari 6 (enam) seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 KM , seksi 2 (Minas–Kandis Selatan) sepanjang 24,1 KM, seksi 3 (Kandis Selatan–Kandis Utara) sepanjang 16,9 KM, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 KM, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 KM dan seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25,05 KM. 

Tol Permai diresmikan cecara virtual 

Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) secara virtual. Peresmian Tol Permai akan dilaksanakan secara virtual oleh Presiden RI Jokowi langsung dari Jakarta. Pelaksanaannya sendiri digelar Jumat (25/9/2020) pukul 02.00 WIB. "Insyakallah sore ini akan sampai di sini," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual bersama staf kepresidenan, Kamis (24/9/2020). 

Gubri menyatakan peresmian tol secara virtual pertama kali yang dilakukan oleh Presiden. Diharapkan peresmian Tol Permai sukses, karena masih ada 7 tol lagi yang akan diresmikan Presiden dengan cara yang sama. "Terkit hal itu, tadi kami juga telah mengumpulkan PLN, PT Telkomsel supaya pada peresmian besok tidak ada terjadi kendala, seperti mati lampu dan terputusnya jaringan internet," ungkapnya.

"Karena peresmian besok itu, yang akan menjadi protokol acaranya adalah orang Istana Presiden dan bukan dari Dumai. Kita tinggal mengikuti apa saja yang disampaikan oleh protokol di istana Presiden," sebutnya yang undangan peresmian tol sendiri dibatasi hanya sebanyak 50 undangan saja yang memang diterapkan protokol kesehatan ketat.

Usai diresmikan tol sudah langsung bisa dioperasionalkan. Hanya saja ia masih menunggu petunjuk Menteri apakah untuk awal ini akan digratiskan dulu atau langsung dipungut biaya. Gubri mengharapkan tol dapat menjadi lokomotif ekonomi yang ada di Riau.

Tol pertama di Riau yakni Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) sepanjang 131,5 KM dengan biaya Rp12,18 triliun telah selesai, dan sekaligus dapat dioperasikan secara penuh walaupun sempat tertunda peresmiannya. Jalan tol Permai diharapkan bisa menjadi sentra ekonomi baru serta dapat membuka lapangan kerja lebih banyak lagi. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan atas nama masyarakat Riau mengucapkan terimakasih banyak kepada Presiden RI Jokowi, karena telah membangun serta meresmikan langsung tol Permai. "Dengan dibangunnya jalan tol Permai ini merupakan suatu tonggak sejarah, karena tol Permai ini merupakan tol pertama di Riau," ungkapnya.

"Tol ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan bukan hanya bagi masyarakat Dumai saja, tetapi juga bagi masyarakat kabupaten/kota lainnya, serta semua pelaku usaha juga akan menikmati fasilitas jalan bebas hambatan ini dalam kegiatan perekonomian daerah," terangnya menambahkab ruas tol dengan panjang 131,5 km ini melewati Pekanbaru, Siak, Bengkalis dan Dumai yang dibangun sejak tahun 2017, hingga selesainya 2020.

Rest Area Tol Pekanbaru-Dumai bisa dimanfaatkan UMKM  

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap Jalan Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat Riau, terutama dari segi perekonomian. Rest area yang ada di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai nantinya bisa dimanfaatkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Riau. "Karena ini merupakan suatu upaya untuk membantu perekonomian masyarakat," kata Gubri.

Gubri juga mengharapkan para pelaku UMKM Riau menampilkan produk-produk asli Riau, supaya orang bisa lebih mengenal serta dapat mengangkat produk lokal Riau ke taraf nasional. "Ini bisa dijadikan ajang untuk promosi juga, karena yang akan melintasi jalan tol Pekanbaru-Dumai nantinya bukan hanya masyarakat Riau saja, tetapi masyarakat dari daerah lain juga," ujarnya. 

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai secara virtual Jumat (25/9/2020) pukul 14.00 WIB dipusatkan di gerbang tol Dumai. Dalam peresmian tersebut juga turut dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Riau Syamsuar dan Forkompinda Riau. (*)

Tags : Tol Pekanbaru-Dumai, Presiden Jokowi akan Resmikan Jalan Tol ,