Artikel   2024/01/08 18:19 WIB

Tom Lembong, Co-Captain Timnas AMIN jadi Trending Topik di Live TikTok Bareng Anies Baswedan

Tom Lembong, Co-Captain Timnas AMIN jadi Trending Topik di Live TikTok Bareng Anies Baswedan
Tom Lembong, Co-Captain Tim Nasional (Timnas) Anis Baswedan

TOM LEMBONG sedang jadi trending setelah live TikTok bareng Capres Anies Baswedan, Sabtu, 6 Januari 2023.

Tom Lembong adalah Co-Captain Timnas AMIN dan ia diajak oleh Anies Baswedan untuk live TikTok bersama.

Live TikTok Tom Lembong dan Anies Baswedan sontak menjadi trending di media sosial. Lalu, seperti biasa live TikTok Anies Baswedan itu menuai beragam atensi warganet di media sosial.

Saat live dengan Tom Lembong justru banyak yang salah fokus dengan wajah Co-Captain Timnas AMIN tersebut. Pasalnya, wajah Tom Lembong tampak bersih dan mengkilau seperti melakukan serangkaian perawatan.

Tom Lembong yang sudah berusia 52 tahun itu tetap memiliki kulit wajah yang sehat.

Dalam sesi live, Anies Baswedan menjawab pertanyaan warganet soal perawatan wajah Tom Lembong.

"Ahjussi Lembong, ceritain perawatan kulit awet muda," ujar Anies sembari tertawa kecil.

"Ok Tom, you have your own screen, I'm out, ada perawatan nggak, do you have any special skincare?" kata Anies Baswedan melanjutkan.

Namun, Tom Lembong mengatakan bahwa itu hanya karena ia rajin bersihkan wajah dengan air dan minum mineral cukup.

"Terus ya jawaban dia sama seperti jawaban, water, air, itu aja terus terang," jawab Tom. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ia memakai lap yang sudah dibasahi dengan air lalu diusapkan ke wajah.

Tom Lembong menekankan bahwa yang paling pertama bukanlah merawat permukaan kulit, melainkan juga harus menjadi dari dalam.

"Jadi menurut saya permukaan kulit itu cuma di ujung, akarnya adalah kesehatan tubuh dan badan, gizi, stay hidrated, tidur cukup, stress management," ungkapnya lagi.

Siapa Tom Lembong?

Tom Lembong kini sebagai Co-Captai Timnas Anies Baswedan dan Cak Imin.

Perlu diketahui, Tom Lembong pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 27 Juli 2016-20 Oktober 2019.

Lalu, ia pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) 2015.

Tom Lembong pernah bekerja juga di sejumlah lembaga keuangan internasional antara lain Deutshce Bank, Morgan Stanley serta Farindo Investments.

Lalu, Tom Lembong pernah menerima Young Global Leader (YGL) dari World Economic Forum (Davos) pada 2008.

Selain itu Tom Lembong mendapatkan gelar AB (Bachelor of Arts) dari program studi Architecture and Urban Desih, Harvard University pada 1994.

Tom Lembong menarik perhatian masyarakat usai melakukan siaran langsung bersama Anies Baswedan di platform media sosial TikTok. Netizen yang menonton siaran langsung itu lantas mencari tahu sosok Tom Lembong tersebut.

Anies Baswedan dan Tom Lembong melakukan siaran langsung pada aplikasi Tiktok pada Sabtu (6/1) kemarin. Anies Baswedan mengundang Tom Lembong untuk melakukan siaran langsung di TikTok bukan tanpa alasan.

Pasalnya, Tom Lembong merupakan co-kapten Tim Nasional (Timnas) Anis Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) untuk Pilpres 2024. Tom menjadi anggota Timnas AMIN yang menguasai bidang ekonomi.

"Kalau Mas Thom Lembong memang Timnas AMIN yang membidangi tentang ekonomi, bahwa di situ ada diskusi, di situ ada pengayaan data, dan kemudian penajaman visi misi, itu hal yang wajar," kata Sekjen PKB Hasanuddin Wahid.

Dalam riwayat karirnya, Tom Lembong sendiri memiliki sepak terjang di bidang ekonomi yang tak diragukan lagi. Lantas, bagaimana profil Tom Lembong, co-captain Timnas AMIN yang trending?

Tom Lembong yang memiliki nama lengkap Thomas Trikasih Lembong lahir di Jakarta pada 4 Maret 1971. Tom Lembong merupakan anak dari pasangan Yohanes Lembong atau Ong Joe Gie dan Yetty Lembong.

Seperti dikutip dari laman resmi International Institute for Strategic Studies, Tom Lembong pernah menempuh pendidikan di Harvard University pada tahun 1994 di program studi Arsitektur dan Desain Perkotaan. Setelah menyelesaikan pendidikan di Harvard, Tom Lembong menerima gelar Bachelor of Arts.

Satu tahun setelah lulus pada 1995, Tom Lembong memulai karir di Divisi Ekuitas Morgan Stanley Singapore Pte. Ltd. Kemudian pada tahun 1999 sampai 2000 dia bekerja sebagai bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia.

Karir Tom Lembong di bidang keuangan dan ekonomi pun semakin menonjol ketika ditunjuk menjabat sebagai kepala divisi dan wakil presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Jabatan itu diembannya dari tahun 2000 sampai 2002.

Setelah itu, Tom bekerja di Farindo Investments dari tahun 2002 hingga 2005. Di tahun berikutnya pada 2006, Tom Lembong menjadi salah satu pendiri, Chief Executive Officer, dan managing partner di Quvat Management Pte.Ltd yakni perusahaan dana ekuitas.

Tom Lembong juga pernah menjabat sebagai presiden komisaris PT Graha layar Prima Tbk mulai tahun 2012 sampai 2014. Barulah bulan Agustus tahun 2015, Tom masuk ke dunia pemerintahan dengan menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia sampai Juli 2016.

Tom terjun ke dunia politik pertama kali pada tahun 2013 sebagai penasihat ekonomi Gubernur DKI Jakarta kala itu, Joko Widodo. Kemudian menjadi penulis pidato untuk Jokowi mulai saat menjabat sebagai gubernur sampai pada masa jabatan pertama sebagai presiden.

Pidato hasil tulisan Tom untuk Jokowi yang paling ikonik adalah pidato 'Game of Thrones' pada pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 dan pidato 'Thanos' di Forum Ekonomi Dunia.

Kemudian pada bulan Juli tahun 2016 sampai Oktober 2019, Tom Lembong menjabat sebagai kepala badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dia kemudian menjabat sebagai penasihat Internasional Institut Kajian Strategis Internasional (IISS) di London dan Internasional Plastic Omnium di Perancis.

Pada tahun 2021, Tom Lembong kemudian ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan sebagai Komisaris Utama PT Jaya Ancol. Pengangkatannya itu, dilakukan dengan mempertimbangkan kompetensinya di bidang investment banking dan hedge fund industry seperti yang dinukil dari CNBC Indonesia.

Selanjutnya, Tom mendirikan Consilience Policy Institute yang beroperasi di Singapura. Institusi tersebut merupakan wadah pemikir kebijakan ekonomi internasionalis dan reformis di Indonesia.

Melansir detikNews, saat ini Tom Lembang menjadi bagian dari Timnas AMIN sebagai co-kapten. Pengumuman Tom Lembang sebagai co-kapten Timnas AMIN dilakukan pada 14 November 2023.

Biodata Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong:

  • Nama Lengkap: Thomas Trikasih Lembong
  • Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 4 Maret 1971
  • Orang Tua
  • Ayah: Yohanes Lembong (Ong Joe Gie)
  • Ibu: Yetty Lembong
  • Pendidikan: Bidang Arsitektur dan Desain Perkotaan Harvard University tahun 1994.
  • Riwayat Karir
  • Divisi Ekuitas Morgan Stanley Singapore tahun 1995
  • Bankir Investasi Deutsche Securities Indonesia tahun 1999-2000.
  • Kepala Divisi dan Wakil Presiden Senior BPPN tahun 2000-2005.
  • Pendiri, Chief Executive Officer, dan Managing Partner Quvat Management Pte. Ltd tahun 2006.
  • Presiden Komisaris PT Graha Layar Prima Tbk tahun 2012-2014
  • Menteri Perdagangan Indonesia 2015-2016.
  • Kepala BKPM tahun 2016-2019
  • Komisaris Utama PT Jaya Ancol mulai tahun 2021-2023.

Penghargaan

  • Young Global Leader oleh World Economic Forum tahun 2008
  • Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship tahun 2017
  • Order of Diplomatic Service Merit, First Class Second Grade atau Gwanghwa Medal Korea Selatan tahun 2020

Tags : thomas lembong, tom lembong, timnas amin, co-kapten timnas amin, anies baswedan, muhaimin iskandar,