News Kota   2024/08/17 19:10 WIB

Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Kota Pekanbaru Berlangsung Penuh Khidmat

Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Kota Pekanbaru Berlangsung Penuh Khidmat
Upacara peringatan detik-detik proklamasi ke-79 Kemerdekaan RI di Kota Pekanbaru

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Pekanbaru berlangsung penuh khidmat. Upacara berlangsung di lapangan Kompleks Perkantoran Tenayan Raya.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, serta camat dan lurah se-Kota Pekanbaru.

Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, memimpin langsung upacara yang menjadi momen bersejarah baginya. Selain itu dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh panitia, peserta, dan undangan yang telah hadir dan berpartisipasi dalam acara tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, peserta, dan seluruh undangan yang hadir. Alhamdulillah, momen kenaikan bendera pada hari ini berjalan lancar dan didukung cuaca yang sangat baik," ujar Risnandar, Sabtu (17-8-2024).

Upacara ini juga menjadi sangat istimewa bagi Risnandar, sebab untuk pertama kalinya bertindak sebagai inspektur upacara di tingkat kota. Selain itu, ini juga menjadi momen bersejarah bagi Kota Pekanbaru karena bendera duplikat pusaka untuk pertama kalinya kembali dikibarkan setelah sekian tahun diganti. 

"Alhamdulillah, tadi upacara berjalan dengan lancar. Ini momen sejarah bagi saya secara pribadi, baru kali ini saya menjadi inspektur upacara di level kota ataupun kabupaten. Alhamdulillah, ini juga momen bersejarah kita menaikkan bendera duplikat pertama setelah sekian tahun kemarin diganti. Saya jemput langsung, tadi kita kibarkan," tambahnya.

Ia merasa bangga karena berkesempatan memegang langsung bendera pusaka dan menyerahkannya kepada para anggota Paskibraka untuk dikibarkan.

"Ini menjadi momen sejarah bagi saya karena saya bisa memegang bendera pusaka dan memberikan kepada adik-adik Paskibraka untuk dikibarkan, dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Risnandar juga mengajak seluruh peserta upacara untuk kembali hadir dalam prosesi penurunan bendera pada sore harinya.

"Saya mengajak kembali untuk nanti sore kita hadir kembali ketika prosesi penurunan bendera," pungkasnya.

Upacara ini menjadi simbol dari semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air yang terus tumbuh di hati seluruh masyarakat Kota Pekanbaru.

Usai melaksanakan prosesi upacara, Risnandar memberikan penghargaan kepada kecamatan Rumbai, sebagai kecamatan dengan inovasi layanan terbaik tingkat Kota Pekanbaru tahun 2024 dengan program inovasi Layanan Ok Masyarakat Keliling. (rp.ind/*).

Editor: Indra Kurniawan

Tags : Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Kota Pekanbaru Berlangsung Penuh Khidmat,