News Kota   2024/10/15 20:32 WIB

Usai Pasar Kuliner Jalan Cut Nyak Dien Ditata Rapi Malah Pedagang Jadi Bentrok

Usai Pasar Kuliner Jalan Cut Nyak Dien Ditata Rapi Malah Pedagang Jadi Bentrok
Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, berdialog dengan pedagang.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Bentrokan antar pedagang di Jalan Cut Nyak Dien terjadi pada Senin (15/10/2024) malam, setelah sejumlah pedagang yang sudah ditata Pemko Pekanbaru diusir pihak lain.

"Bentrok antar pedagang terjadi di pasar kuliner Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru."

"Ada beberapa forum pedagang yang merelokasi dan mengatur ulang pedagang, padahal penataan sudah dilakukan Pemko. Saya datang langsung untuk menghentikan keributan ini dan menegaskan agar penataan tidak diubah lagi," kata Kadisperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin yang turut hadir bersama Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa untuk menengahi bentrokan.

Kejadian ini menimbulkan kericuhan hingga memicu konflik antar pedagang.

Tetapi Zulhelmi Arifin, menegaskan bahwa penataan di lokasi tersebut hanya berada di bawah kewenangan Pemko Pekanbaru.

Disperindag Pekanbaru dan tim penataan yang dipimpin Asisten I sudah mengatur penempatan pedagang di kawasan tersebut, dan semua pihak yang melakukan penataan di luar kewenangan Pemko dinyatakan ilegal.

Zulhelmi juga memperingatkan agar tidak ada pihak yang memprovokasi pedagang dengan menyebarkan informasi yang tidak benar.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan tindakan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan pihak di luar Pemko Pekanbaru.

"Laporkan saja ke polisi jika ada yang melakukan pungli kepada pedagang," tegasnya.

Penataan di Jalan Cut Nyak Dien dilakukan melalui koordinasi lintas sektor yang melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Disperindag, Dishub dan Satpol PP.

Bentrokan antar pedagang ini terjadi usai Isya di kawasan belakang Kantor Gubernur Riau, dan situasi berhasil dikendalikan setelah kehadiran pihak Pemko Pekanbaru. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : pasar kuliner, pasar kuliner Jalan Cut Nyak Dien, pekanbaru, pasar kuliner di tata rapi, pedagang bentrok di pasar kuliner, News Kota,