News   2024/05/31 12:21 WIB

Usai Resmikan Tol Bangkinang-Pangkalan yang Telan Biaya Rp4,8 T, Jokowi Salat Jumat di Masjid Raya Al-Ikhlas Tambang

Usai Resmikan Tol Bangkinang-Pangkalan yang Telan Biaya Rp4,8 T, Jokowi Salat Jumat di Masjid Raya Al-Ikhlas Tambang
Pj Gubri, SF Hariyanto dampingi Presiden Jokowi resmikan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Setibanya di Provinsi Riau, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Kabupaten Kampar untuk meresmikan Tol Pekanbaru - Padang Ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar, Jumat (31/5/2024).

"Tol Bangkinang-Pangkalan yang menelan biaya Rp4,8 triliun diresmikan."

"Alhamdulillah telah selesai dibangun. Ini adalah sirip dari Tol Trans Sumatera, yang kita harapkan akan terus disambung dari Pekanbaru sampai ke Kota Padang," kata Presiden Joko Widodo, Jumat (31/5/2024).

Presiden Joko Widodo turut didampingi Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Saat tiba di lokasi, Presiden RI Joko Widodo menyambut baik pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 24,7 kilometer tersebut. Dikatakannya, pembangunan yang digesa sejak tahun 2019 itu menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun.

Selain Tol Pekanbaru - Padang, pemerintah juga telah melaksanakan Inpres Jalan Daerah pada 10 ruas dengan panjang 63 kilometer yang menelan anggaran Rp369 miliar.

"Saya hanya titip kepada gubernur, bupati dan walikota yang hadir agar jalan tol ini disambung sampai ke kawasan-kawasan produktif. Entah itu kawasan pertanian, perkebunan ataupun pariwisata, sehingga benar-benar real ada manfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

Disebutkannya juga akan berpengaruh pada pendukung mobilitas masyarakat, sehingga Indonesia dapat bersaing dengan negara maju lainnya.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan jalan tol Pekanbaru - Padang Ruas Bangkinang - Pangkalan seksi Bangkinang - XIII Koto Kampar dan pelaksana Inpres Jalan Daerah di Provinsi Riau," ucap Presiden Joko Widodo.

Usai meresmikan tol bangkinang-pangkalan, Jokowi juga menyempatkan salat Jumat di Masjid Raya Al-Ikhlas Tambang.

Presiden Jokowi juga akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kampar, Riau pada Jumat. Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda kerja yang lebih luas di Provinsi Riau, dengan tujuan utama meresmikan Tol Bangkinang-Pangkalan (Bangpang).

Persiapan penyambutan Presiden Jokowi telah dimulai oleh Pemerintah Kabupaten Kampar dan berbagai pihak terkait.

Salah satu fokus utama persiapan adalah pengecekan Masjid Raya Al-Ikhlas, tempat di mana Presiden direncanakan menunaikan Salat Jumat.

Pengecekan tersebut dipimpin oleh Kepala Kepolisian Sektor Tambang, AKP Marupa Sibarani, pada Rabu, 29 Mei 2024. Selain AKP Marupa Sibarani, kegiatan ini juga dihadiri oleh Danramil 07/Kampar, Kapten Diding Sukardi, Camat Tambang, Jamilus, dan Penjabat Kepala Desa Sungai Pinang, Sulaiman.

"Pengecekan secara intensif dilaksanakan baik di dalam maupun di luar masjid, termasuk tempat wudhu dan toilet," ujar AKP Marupa Sibarani seperti dirilis tribunpekanbaru.

Setelah melaksanakan Salat Jumat di Masjid Raya Al-Ikhlas, yang berlokasi di Kilometer 27 Jalan Raya Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk makan siang di Rumah Makan Pak Abbas di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang. Rangkaian kegiatan ini menunjukkan kesiapan Kabupaten Kampar dalam menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Selain agenda utama meresmikan tol, kunjungan Presiden Jokowi ke Kampar juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi daerah, termasuk dalam peningkatan infrastruktur dan ekonomi lokal. Kunjungan ini akan dilanjutkan dengan perjalanan Presiden ke Dumai untuk melanjutkan agenda kerjanya di Riau. (*)

Tags : presiden joko widodo, presiden jokowi resmikan tol bangkinang-pangkalan, tol bangkinang-pangkalan telan biaya Rp4, 8 triliun, jokowi salat jumat di Masjid Raya Al-Ikhlas Tambang, News ,