Kolom Opini   2021/05/22 13:47 WIB

Virus Corona dan Pengaruhnya Terhadap Psikologi Hingga Afiliasi Politik

Virus Corona dan Pengaruhnya Terhadap Psikologi Hingga Afiliasi Politik
H Darmawi Zalik Aris | DEWAN PIMPINAN PUSAT LEMBAGA MELAYU RIAU

ANCAMAN penularan virus dapat mengubah respons psikologis kita terhadap interaksi biasa, membuat kita berperilaku dengan cara yang tidak terduga. Jarang ada ancaman penyakit yang mampu menguasai begitu banyak kepala kita. Selama berminggu-minggu, hampir semua surat kabar menampilkan cerita tentang pandemi virus corona di halaman depan.

Program radio dan TV menyiarkan kabar tentang para korban tewas terbaru, dan tergantung pada siapa yang di ikuti, platform media sosial dipenuhi dengan statistik yang menakutkan, saran praktis atau humor yang kuat. Seperti yang telah dilaporkan orang lain, bombardir informasi yang terus menerus ini dapat mengakibatkan peningkatan kecemasan, dengan efek langsung pada kesehatan mental kita.

Namun rasa akan ancaman yang terus menerus mungkin memiliki efek lain yang lebih berbahaya bagi psikologi kita. Karena beberapa respons yang berkembang terhadap penyakit Covid-19, ketakutan akan penularan membuat kita lebih konformis dan berpikir secara kesukuan, dan kurang bisa menerima sesuatu yang unik. Penilaian moral kita menjadi lebih keras dan sikap sosial kita menjadi lebih konservatif ketika mempertimbangkan isu-isu seperti imigrasi, kebebasan seksual dan kesetaraan.

Disamping itu penyakit ini mungkin dapat mempengaruhi afiliasi politik kita. Laporan terbaru tentang peningkatan xenophobia dan rasisme mungkin sudah menjadi tanda pertama dari perubahan psikologis ini. Akan tetapi, jika prediksi penelitian ini benar, wabah ini juga mungkin mencerminkan pergeseran sosial dan psikologis yang lebih dalam.

Seperti kebanyakan psikologi manusia, respons terhadap penyakit ini perlu dipahami dalam konteks prasejarah. Sebelum kelahiran kedokteran modern, penyakit menular akan menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup kita. Sistem kekebalan memiliki beberapa mekanisme luar biasa untuk memburu dan membunuh para penyerang patogen itu.

Sayangnya, reaksi-reaksi ini membuat kita merasa mengantuk dan lesu — artinya nenek moyang kita yang sakit-sakitan tidak akan dapat melakukan kegiatan-kegiatan penting, seperti berburu, mengumpulkan makanan atau mengasuh anak. Belum lagi soal menjadi sakit juga mahal secara fisiologis. Peningkatan suhu tubuh selama demam, misalnya, sangat penting untuk respon imun yang efektif - tetapi ini menghasilkan peningkatan 13% dalam konsumsi energi tubuh.

Misalnya saja ketika makanan langka, itu akan menjadi beban serius. Menjadi sakit, dan membiarkan sistem kekebalan yang luar biasa ini bekerja, benar-benar mahal. Ini seperti asuransi kesehatan - sangat menyenangkan untuk dimiliki, tetapi sangat menyebalkan ketika harus menggunakannya. Oleh karena itu, segala sesuatu yang mengurangi risiko infeksi seharusnya menawarkan keuntungan bertahan hidup yang berbeda.

Untuk alasan ini, kita mengembangkan serangkaian respons psikologis yang tidak disadari - yang oleh Schaller disebut "sistem kekebalan perilaku" - untuk bertindak sebagai garis pertahanan pertama untuk mengurangi kontak kita dengan patogen potensial. Respons jijik adalah salah satu komponen paling jelas dari sistem kekebalan perilaku. Ketika kita menghindari hal-hal yang berbau tidak sedap atau makanan yang kita yakini najis, kita secara naluriah berusaha menjauhkan diri dari kemungkinan penularan.

Hanya pemberitahuan sederhana bahwa kita sudah makan sesuatu yang busuk dapat membuat kita muntah, mengeluarkan makanan sebelum infeksi memiliki kesempatan untuk menjalar. Seperti sebuah penelitian menunjukkan bahwa kita juga cenderung lebih kuat mengingat materi yang memicu jijik, memungkinkan kita untuk mengingat (dan menghindari) situasi yang bisa menempatkan kita pada risiko infeksi di kemudian hari.

Karena manusia adalah spesies sosial yang berevolusi untuk hidup dalam kelompok besar, sistem kekebalan perilaku juga memodifikasi interaksi kita dengan orang-orang untuk meminimalkan penyebaran penyakit, yang mengarah ke semacam jarak sosial naluriah. Respons ini bisa sangat kasar, karena nenek moyang kita tidak akan memiliki pemahaman tentang penyebab spesifik dari setiap penyakit atau cara penularannya. Sistem kekebalan perilaku beroperasi pada logika 'lebih baik aman daripada menyesal'.

Ini berarti tanggapannya sering salah tempat, dan mungkin dipicu oleh informasi yang tidak relevan - mengubah pengambilan keputusan moral dan pendapat politik kita tentang masalah yang tidak ada hubungannya dengan ancaman saat ini.

Menyesuaikan atau tinggalkan

Pertama-tama mari kita pertimbangkan sikap umum kita terhadap norma-norma budaya - dan orang-orang yang melanggarnya. Berbagai eksperimen telah menunjukkan bahwa kita menjadi lebih konformis dan menghormati konvensi ketika kita merasakan ancaman suatu penyakit. Schaller pertama-tama meminta peserta untuk menggambarkan waktu ketika mereka sebelumnya sakit, dan kemudian memberi mereka berbagai tes yang mengukur kecenderungan mereka untuk menyesuaikan diri.

Dalam satu tes, ia menunjukkan kepada para mahasiswa terkait usulan perubahan sistem penilaian universitas, misalnya - mereka dapat memilih dengan menempatkan satu sen dalam stoples bertanda "setuju" atau "tidak setuju". Sensitivitas yang meningkat terhadap penyakit mendorong para peserta untuk mengikuti kawanan dan menempatkan uang mereka di dalam toples dengan jumlah koin terbanyak.

Mereka terombang-ambing oleh popularitas daripada melawan arus dengan pendapat mereka sendiri. Ketika ditanya tentang jenis orang yang mereka sukai, sementara itu, peserta yang khawatir tentang penyakit juga cenderung lebih suka individu "konvensional" atau "tradisional", dan kecil kemungkinannya untuk merasakan kedekatan dengan orang "kreatif" atau "artistik".

Rupanya tanda-tanda berpikir bebas - bahkan penemuan dan inovasi - menjadi kurang dihargai ketika ada risiko penularan. Dalam kuesioner eksplisit, mereka juga lebih cenderung setuju dengan pernyataan seperti "melanggar norma sosial dapat memiliki konsekuensi berbahaya, yang tidak diinginkan". Temuan ini mungkin agak jauh dari liputan TV dan liputan online yang kita semua hadapi hari ini. Tetapi para peneliti di Universitas Hong Kong juga telah membuat orang terpesona dengan adegan-adegan dari film Outbreak, yang mungkin lebih mirip beberapa laporan berita hari ini; gambaran menggugah tentang pandemi membuat mereka menghargai konformitas dan tidak mematuhi eksentrisitas atau pemberontakan.

Mengapa sistem kekebalan perilaku mengubah pemikiran kita dengan cara ini? Menyimak seperti disebutkan Schaller yang berpendapat bahwa banyak dari aturan sosial diam-diam kita - seperti cara kita bisa dan tidak bisa menyiapkan makanan, jumlah kontak sosial yang diterima dan tidak, atau cara membuang limbah manusia - dapat membantu mengurangi risiko infeksi. "Orang-orang yang mematuhi norma-norma itu melayani layanan kesehatan masyarakat, dan orang-orang yang melanggar norma-norma itu tidak hanya menempatkan diri mereka dalam risiko tetapi juga mempengaruhi orang lain."

Akibatnya, lebih bermanfaat untuk menjadi lebih menghormati konvensi dalam menghadapi wabah menular. Logika yang sama menjelaskan mengapa kita menjadi lebih waspada secara moral terhadap wabah. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kita takut penularan, kita cenderung lebih keras ketika menilai pelanggaran loyalitas (seperti karyawan yang menjelek-jelekkan perusahaannya) atau ketika kita melihat seseorang yang gagal menghormati otoritas (seperti hakim).

Insiden-insiden khusus itu tidak akan berdampak apa pun dalam penyebaran penyakit, tetapi dengan melanggar konvensi, mereka telah memberikan sinyal bahwa mereka mungkin melanggar aturan lain yang lebih relevan yang ada untuk mencegah penyakit. Bahkan pengingat penyakit yang sangat halus dapat membentuk perilaku dan sikap kita. Hanya dengan meminta orang untuk berdiri di sebelah hand sanitiser memicu peserta penelitian untuk mengekspresikan sikap yang lebih konservatif (dengan huruf "k" kecil) yang terkait dengan rasa hormat yang lebih besar terhadap tradisi dan konvensi.

Dalam penelitian yang sama, pengingat untuk mencuci tangan membuat peserta lebih menilai perilaku seksual yang tidak konvensional. Mereka kurang memaafkan seorang perempuan yang disebut melakukan masturbasi sambil memegang boneka beruang masa kecilnya, misalnya, atau pasangan yang berhubungan seks di ranjang salah satu nenek mereka.

Selain membuat kita menjadi hakim yang lebih keras terhadap orang-orang dalam kelompok sosial kita, ancaman penyakit juga bisa membuat kita lebih tidak percaya pada orang asing. Dalam profil online dan pertemuan tatap muka, Natsumi Sawada di McGill University di Kanada telah menemukan bahwa kita membentuk kesan pertama yang lebih buruk dari orang lain jika kita merasa rentan terhadap infeksi.

Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa orang yang kurang menarik secara konvensional dinilai sangat kasar - mungkin karena kita salah mengira ciri-ciri sederhana mereka sebagai tanda kesehatan yang buruk. Ketidakpercayaan dan kecurigaan kita yang meningkat juga akan membentuk respons kita terhadap orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda.

Menurut Schaller, ini mungkin timbul dari ketakutan akan ketidaksesuaian: di masa lalu, orang-orang di luar kelompok kita mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mengamati norma-norma spesifik yang dimaksudkan untuk melindungi populasi dari infeksi, dan jadi kitai khawatir mereka tanpa disadari akan (atau sengaja) menyebarkan penyakit. Tetapi hari ini, itu dapat menghasilkan prasangka dan xenophobia. Aarøe, misalnya, telah menemukan bahwa ketakutan terhadap penyakit dapat memengaruhi sikap orang terhadap imigrasi.

Dia menekankan ini adalah bagian dari pendekatan sistem kekebalan perilaku yang lebih baik merasa aman daripada menyesal. "Ini adalah salah tafsir" dari isyarat yang tidak relevan yang terjadi "ketika pikiran yang berevolusi bertemu dengan multikulturalisme dan keragaman etnis di zaman modern, yang bukan fenomena berulang untuk sebagian besar sejarah evolusi kita," katanya.

Mengatasi Covid-19

Pengaruh sistem kekebalan perilaku bervariasi dari individu ke individu; tidak semua orang akan terpengaruh pada tingkat yang sama. Beberapa orang memiliki sistem kekebalan perilaku yang sensitif yang membuat mereka bereaksi sangat kuat terhadap hal-hal yang mereka tafsirkan sebagai risiko infeksi potensial, seperti disebutkan Aarøe. Menurut penelitian, orang-orang itu akan lebih menghargai norma-norma sosial dan lebih tidak percaya pada orang luar daripada orang kebanyakan, dan peningkatan ancaman penyakit hanya akan menguatkan posisi mereka.

Kita belum memiliki data kuat tentang bagaimana wabah virus corona mengubah pikiran kita - tetapi teori sistem kekebalan perilaku pasti menyarankan bahwa itu mungkin terjadi. Mengutip apa yang disebutkan Yoel Inbar, dari University of Toronto, berpendapat bahwa itu akan menjadi perubahan yang relatif moderat dalam opini keseluruhan di seluruh populasi, daripada perubahan besar dalam sikap sosial.

Dia menemukan beberapa bukti perubahan sosial selama epidemi Ebola 2014, yang menjadi berita internasional: dalam sampel lebih dari 200.000 orang, sikap negatif terhadap laki-laki gay dan lesbian tampaknya sedikit bertambah selama wabah. Itu adalah eksperimen alami di mana orang banyak membaca tentang ancaman penyakit, dan itu memang terlihat seperti sedikit mengubah sikap.

Kembali sepereti disebutkan Schaller yang berspekulasi; bahwa itu bisa memainkan peran kecil, meskipun ia skeptis bahwa itu akan menjadi faktor utama. Efek yang lebih mendalam mungkin tidak ada hubungannya dengan [sistem kekebalan perilaku] tetapi lebih langsung berkaitan dengan persepsi seberapa baik pejabat pemerintah atau tidak menanggapi situasi.

Sekalipun perubahan psikologis ini tidak mengubah hasil pemilihan di tingkat nasional, patut dipertimbangkan bagaimana mereka memengaruhi reaksi pribadi kita sendiri terhadap virus corona. Apakah kita mengekspresikan pendapat konformis, menilai perilaku orang lain atau mencoba memahami nilai dari kebijakan pemahaman yang berbeda, kita mungkin mempertanyakan apakah pikiran kita benar-benar hasil dari penalaran rasional, atau apakah mereka mungkin telah dibentuk oleh respons kuno yang berevolusi selama ribuan tahun sebelum penemuan teori kuman.

Tags : Ketua LMR H Darmawi Zalik Aris, Virus Corona, Pengaruh Corona Terhadap Psikologi dan Afiliasi Politik,