Tni - Polri   2021/08/12 17:8 WIB

Wagub Tinjau Pembangunan Markas Korem 031/WB Bersamaan Dilakukannya Vaksinasi

Wagub Tinjau Pembangunan Markas Korem 031/WB Bersamaan Dilakukannya Vaksinasi
Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin SIP MM serta Wakil Gubernur (Wagubri), Edy Natar Nasution. (Foto. Istimewa)

PEKANBARU - Wakil Gubernur (Wagubri) Edy Natar Nasution meninjau pembangunan Gedung Markas Korem (Makorem) 031 Wira Bima yang sedang dilakukan, di Jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru, Riau bersama Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan.

Peninjauan tersebut, guna melihat progres pembangunan yang sudah berjalan lebih kurang dua bulan mulai bulan Juni 2021 lalu. Edy Natar Nasution mengatakan, jika untuk kelancaran pembangunan Markas Korem 031 Wira Bima tersebut, ia memiliki tanggung jawab moral untuk bisa berjalan dengan baik dan tuntas, sesuai jangka waktu yang telah disepakati dalam aturan sebelumnya. "Jadi, jika ditanya kepentingan saya dengan pembangunan gedung ini, saya memiliki tanggung jawab moral dengan pembangunan Makorem 031 Wira Bima ini. Karena, sebagai Wagubri saya wajib melakukan pengawasan penggunaan anggaran daerah," kata Wagubri, Kamis (12/8).

Edy Natar juga menegaskan, jika untuk pembangunan Makorem 031 Wira Bima ini, ia akan terus mengawal sampai tuntas. Saat ini kondisi progres pembangunan Gedung Makorem, baru berjalan 6 persen. Jika dilihat dari waktu pengerjaan progresnya berjalan masih lamban. Sehingga Edy Natar meminta pihak kontraktor bisa  meningkatkan strategi percepatan yang bisa memambah tenaga kerja dan jam kerja/lembur. "Pengerjaan saat ini masih lamban, memang pihak rekanan bilang on schedule. Tapi kalau sistemnya masih seperti ini saya pesimis sesuai waktu yang tinggal beberapa bulan kedepan. Tambah lagi pembangunan ini bukan tahun jamak. Untuk itu saya minta lebih kreatif lagi siasati waktu pengerjaan," jelasnya.

Selain itu, Wagubri juga menegaskan jika ada kendala atau gangguan selama pembangunan Makorem 031 Wira Bima ini, ia juga minta pihak terkait untuk tidak takut melaporkan apapun yang terjadi. Baik gangguan dari internal, Pemda maupun gangguan dari pihak lainya. Karena pembangunan ini untuk kepentingan kerja TNI dalam melindungi negara maupun masyarakat. "Jika ada 'permainan' saya akan tahu dan juga tidak segan-segan menindak. Saya juga berpengalaman dalam pemeriksaan seperti ini sesuai jabatan saya sebelumnya di Inspektorat TNI," tegas Wagubri menambahkan akan melakukan tinjau kedepan.

Sementara, Direksi PT Marlanco, Rubiyanto, selaku pihak kontraktor mengatakan, siap menindaklanjuti sesuai  yang diarahkan Wagubri. Dimana, pihaknya saat ini juga sedang dalam melakukan evaluasi untuk penggesaan pengerjaan kedepan. "Insyaallah, mulai minggu depan sudah kita terapkan sistem shift yaitu itu 3 shift. Sehingga pengerjaan bisa terus di gesa lebih baik lagi kedepanya," ujarnya.

Terkait progres pengerjaan, ia mengatakan optimis sesuai waktu dan tuntas menjelang tahun depan. "Untuk pengerjaan kita optimis sesuai waktu. Kita juga berterimakasih kepada pak Wagubri atas saran dan telah meninjau pelaksanaan pengerjaan pembangunan gedung Makorem 031Wira Bima ini," tuturnya

Sebelumnya Markas Korem (Makorem) 031 Wira Bima juga sedang menggelar vaksinasi Covid-19 untuk anggota dan keluarga Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMP 49, SMAN 6 dan SMAN 8 atau IKA 4968 Pekanbaru yang dihadiri Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan selaku Ketua Umum (Ketum) IKA. Vaksinasi tersebut dilaksanakan sejak Sabtu 14 Agustus 2021 kemarin di SMU 8 Pekanbaru, untuk vaksin pertama dan vaksin kedua sesuai data anggota IKA 4968 yang sebagian sudah menjalankan vaksinasi Covid-19 sebelumnya.

Menurut Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed, rencana awal, pelaksanaan vaksinasi ditargetkan hanya untuk 150 orang sesuai persediaan vaksin yang saat ini masih terbatas. Namun, anggota IKA 4968 yang mendaftar sudah mencapai 250 orang. Sehingga untuk memenuhi kuota tersebut, ia akan mengupayakan dan mengkoordinasikan lagi dengan rumah sakit tentara (RST) sesuai kersediaan vaksin yang ada. "Animo anggota IKA 4968 untuk vaksinasi ini juga cukup tinggi. Untuk itu kita akan  uapayakan dengan maksimal dan bisa terpenuhi sesuai kuota yang telah mendaftar," katanya.

Untuk vaksinasi Covid-19 ini, ia akan mengupayakan anggota IKA 4968 terakomodir secara keseluruhan. Sehingga tujuan vaksinasi meningkatkan kekebalan tubuh secara massal bisa segera terwujud sesuai harapan. "Mudah-mudahan kedepan vaksin kita tidak ada kendala lagi dan pelaksanaan  vaksin bisa merata sesuai yang ditargetkan," harapnya.

M Syech Ismed juga berharap kepada seluruh anggota IKA 4968, bisa terus mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19 di Riau. Diantaranya, mensosilaisaikan kepada masyarakat agar terus menegakan protokol kesehatan dimanapun berada. Terutama pada keluarga sesuai perkembangan Covid-19 di Riau yang saat ini masih meningkat. "Mari kita ikhtiar bersama, disiplin pada protokol kesehatan dan melawan Covid-19 ini segera berakhir agar  kehidupan kembali normal seperti sebelumnya," tuturnya. (*)

Tags : Wagub Riau Edy Natar Nasution, Tinjau Pembangunan Markas Korem 031/WB, Korem 031/WB Lakukan Vaksinasi,