Riau   2023/01/30 22:25 WIB

Wagubri Edy Natar Nasution Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Kemendagri

 Wagubri Edy Natar Nasution Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Kemendagri
Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengikuti rapat koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Rakor pengendalian inflasi daerah bersama Kemendagri."

"Rakor pengendalian inflasi saya kira sudah menjadi atensi," kata Wagub Edy Natar dari Gedung Daerah Balai Serindit yang mengikuti rakor secara virtual, seperti dirilis Mediacenter.riau.go.id, Senin (30/1/2023). 

Rapat itu memaparkan kondisi inflasi saat ini oleh perwakilan BPS, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan lain sebagainya.

Rapat koordinasi pengendalian inflasi ini diselenggarakan rutin tiap pekan. Guna memantau kondisi perkembangan harga bahan pokok dan kondisi inflasi tiap daerah.

Mendagri Tito Karnavian menyebut, rapat ini instruksi langsung dari Presiden Jokowi. Agar setiap daerah bisa mengendalikan inflasi di setiap daerahnya masing-masing.  

Tito Karnavian mengatakan, dari sisi pertumbuhan ekonomi. Saat ini di Indonesia angka pertumbuhan cukup bagus di atas 5 persen, atau berada pada angka 5,72 persen pada kuartal ketiga tahun 2022.

Lalu ia menerangkan, selain pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup baik. Angka inflasi di Indonesia juga relatif terjaga yakni berada pada angka 5,51 persen.

Karena itu sebut Mendagri, ini adalah prestasi yang cukup bagus, sehingga masyarakat tidak banyak terdampak kenaikan harga barang dan jasa, serta masyarakat bisa beraktifitas karena Covid-19 terkendali dan ekonomi juga bisa tumbuh.

"Ini harus kita pertahankan di tengah-tengah situasi gejolak politik internasional dan ekonomi yang belum menentu di tahun 2023," ucapnya.

Mendagri meminta situasi Covid-19 yang terkendali, pertumbuhan ekonomi meningkat dan inflasi terjaga tersebut dapat dijaga. Sehingga semua pihak harus selalu evaluasi untuk mengendalikan inflasi. (*)

Tags : rapat koordinasi, rakor pengendalian inflasi, wagubri edy natar nasution ikuti rakor,