Riau   2022/08/20 14:48 WIB

Wagubri Edy Natar Temani Dirjen PHTP Tinjau Kebun Buah-buahan, 'yang Hidup Subur Dilahan Gambut' 

Wagubri Edy Natar Temani Dirjen PHTP Tinjau Kebun Buah-buahan, 'yang Hidup Subur Dilahan Gambut' 
Wagubri Edy Natar Nasution.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar menemani Dirjen PHTP Kementerian Pertanian ke kebun buah-buahan yang hidup subur dilahan gambut.

PEKANBARU- Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menemani Sub Koordinator Pemasaran dan Investasi, Dirjen Pengolahan Hasil Tanaman Pangan (PHTP), Kementarian Pertanian, Maretsum Simanullang ke kebun buah-buahan yang hidup subur dilahan gambut.

"Taman Gembira Duri Lengkeng miliki Wagubri Edy Natar Nasution dikunjungi Dirjen PHTP Kementerian Pertanian."

"Luas lahan ini kurang dari satu hektar, 4.500 meter ditanami 53 durian dengan 11 varitas, 2.000 meter untuk kelengkeng, dan ada juga beberapa tanaman lainnya," sebut Wagubri Edy Natar saat di kebun percontohan miliknya dirilis mediacenter.riau.go.id, Kamis (18/8).

Kebun dengan luas lahan kurang dari satu hektare yang berlokasi di Jalan Karya Bersama Kecamatan Tenayan Raya (Simpang BPG) terdapat pohon mangga, durian, kelengkeng, dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Edy Natar mengaku dulunya lahan itu dibeli dari adiknya dan dalam kondisi masih hutan. Karena lahan gambut, masyarakat disana tidak yakin tanaman komoditas unggulan mampu tumbuh dan berbuah.

Saat dua tahun pandemi, Wagubri menggarap lahan tersebut dengan penuh keseriusan. Hasilnya, lahan gambut yang dulunya dianggap tidak produktif, malah berhasil tumbuh subur berbagai tanaman komoditas hortikultura itu.

"Dilahan gambut ini bisa tumbuh tapi harus dengan perlakuan-perlakuan khusus," sebut Edy Natar.

"Saya memanggil ahlinya yang juga staf saya untuk meneliti tanah ini apakah bisa ditanami atau tidak, dia (staf) bilang bisa tetapi harus dengan perlakuan khusus, dan sekarang alhamdulillah bisa berhasil dan bahkan sudah ada satu pohon durian yang sudah berbuah. Jadi intinya serius dan fokus," sebutnya.

Perkebunan percontohan itupun diberi nama Taman Bahagia Duri Lengkeng, dengan harapan setiap pengunjung nantinya bisa bahagia dan menikmati.

Sementara itu Sub Koordinator Pemasaran dan Investasi, Maretsum Simanullang menilai yang dilakukan Wagubri bisa menjadi percontohan.

Walau lahan gambut, Maretsum mengimbau masyarakat tidak langsung meyakini bahwa tanaman tidak akan berhasil tumbuh, sebab Wakil Gubernur Riau sudah membuktikan tanamannya bisa tumbuh dan berbuah.

"Ini contoh yang bagus, ada praktek dan ada contoh yang riil di lapangan. Apalagi kondisi tanah di lahan Pekanbaru adalah lahan rawa atau gambut, apa bisa tumbuh bagus? Tapi bisa dibuat dan dibuktikan pak Wagubri, Edy Nasution," sebut Maretsum.

Dirinya menyebut Indonesia masih menjadi negara yang mengimpor buah-buahan seperti kelengkeng, durian, mangga, pepaya, dan buah lainnya. Maretsum berharap masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami komoditas unggulan lainnya, sehingga Indonesia bisa memasok buah dari dalam negeri. (*)

Tags : Wakil Gubernur Riau Edy Natar, Wagubri Temani Dirjen PHTP, Kebun Buah-buahan, Kebun Buah-buahan Hidup Subur Dilahan Gambut,