Headline News   2021/01/11 23:21 WIB

Wagubri Prediksi Kasus Covid-19 Membludak, Karena Sudah 'Tertinggi di Sumatera'

Wagubri Prediksi Kasus Covid-19 Membludak, Karena Sudah 'Tertinggi di Sumatera'
Wakil Gubernur (Wagub) Riau, Edy Natar Nasution

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution memprediksi kasus Covid-19 di Riau akan meningkat drastis akhir Januari 2021. Pasalnya, masa cuti bersama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) yang lalu memang dimanfaatkan masyarakat untuk pergi berlibur dan lalai menerapkan protokol kesehatan.

"Kami melihat saat cuti Nataru masyarakat abai sekali menerapkan protokol kesehatan, jadi ada kemungkinan akhir bulan ini kasus Covid-19 akan lebih tinggi dari bulan Desember lalu," kata Wagubri didepan media, Senin (11/1) usai rapat dengan Forkopimda di Gedung Daerah.

Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, pada bulan Desember 2020 lalu tercatat 4.898 kasus terkonfirmasi Covid-19. "Ada kemungkinan akhir bulan ini melebihi (4.898 kasus) itu," ujar Wagubri.

Wagubri meminta kepada masyarakat untuk kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes). "Pakai masker jika keluar rumah, kalau tidak ada urusan yang terlalu penting jangan keluar, jangan berkumpul, jaga jarak, dan cuci tangan setelah menyentuh apa pun. Kalau tidak begitu, kekhawatiran kita Covid ini akan makin lama hilangnya," katanya.

Sementara saat ini Provinsi Riau menduduki posisi puncak sebagai daerah dengan jumlah kasus Covid-19 terkonfirmasi paling banyak di Pulau Sumatera. Sementara di Indonesia, Riau ada di peringkat 7. Data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, hingga Minggu 10 Januari 2021 terhitung 26.298 orang dikonfirmasi positif Covid-19, isolasi mandiri 898 orang, dirawat di rumah sakit 502 orang, meninggal dunia 618 orang dan sembuh 24.280 orang.

Wagubri menilai, hal itu karena masih lemahnya disiplin Prokes. "Kesulitan pasti dirasakan kalau hanya pemerintah dan lembaga-lembaga tertentu yang berusaha menjaga sementara masyarakat sendiri masih abai prokes," sebut Wagubri.

Wagubri mengakui, masyarakat Riau semakin jenuh dengan pandemi. "Menurut survey yang kita lakukan, tingkat kepatuhan masyarakat semakin menurun. Kita memahami kejenuhan itu, tapi tidak ada cara lain selain melakukan prokes," ujarnya. (*)

Tags : Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kasus Covid-19 Membludak, Riau Tertinggi di Sumatera,