Politik   2023/07/06 11:8 WIB

Waketum DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia Pastikan Syamsuar Maju ke DPR RI dan Pilgubri

Waketum DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia Pastikan Syamsuar Maju ke DPR RI dan Pilgubri
Waketum DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia saat membuka Orientasi dan Pembekalan Bacaleg se-Riau, Rabu (5/7/2023).

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Wakil Ketua Umum [Waketum] DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia memastikan Gubernur Riau Syamsuar maju ke DPR RI dan Pilgubri 2024.

"Gubernur Riau Syamsuar maju ke DPR RI dan Pilgubri 2024."

"Iya (syamsuar bakal maju DPR RI). Itu bagian dari strategi kita," kata Ahmad Doli Kurnia usai membuka Orientasi dan Pembekalan Bacaleg se-Riau, Rabu (5/7).

Sebelumnya, kebenaran bakal maju atau tidaknya Gubernur Riau, Syamsuar sebagai Caleg DPR RI, sempat simpang siur, tetapi Ahmad Doli Kurnia menjawab dan memastikan akan maju.

Namun, Syamsuar juga akan tetap dipasang kembali sebagai calon Gubernur Riau dua periode pada Pilkada 2024 nanti.

"Pak syamsuar sudah kita putuskan dalam Rakerda kemarin sebagai satu-satunya calon gubernur di 2024," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD I Bappilu Golkar Riau, Ikhsan juga menyebut, tak menutup kemungkinan Syamsuar bakal maju sebagai calon anggota DPR RI.

Meski Syamsuar sebelumnya tak mendaftar dalam bursa Bacaleg DPR RI ke KPU, perubahan masih bisa terjadi karena Daftar Calon Tetap (DCT) belum ditetapkan.

"Partai memang meminta pak gubernur untuk bisa maju di DPR RI. Regulasikan masih bisa memberikan ruang, kalau hari ini belum terdaftar nanti bisa didaftarkan (sebelum DCT). Memungkinkan untuk itu. Memang sampai hari ini gubernur masih mau fokus, tapi kedepan tidak tahu," jelas Ikhsan.

Diketahui, masa jabatan Syamsuar sebagai Gubri akan berakhir pada Desember 2023 ini. Namun jika ia memang akan maju ke DPR RI, maka jabatannya bisa berakhir lebih cepat sebab caleg yang masuk DCT harus menyertakan surat pengunduran diri sebagai kepala daerah. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Waketum DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia Pastikan Syamsuar Maju ke DPR RI dan Pilgubri,