Politik   2023/06/12 21:38 WIB

Walau Hasil Survei Anies Baswedan Urutan Tiga, Relawan di Riau Tak Khawatir

Walau Hasil Survei Anies Baswedan Urutan Tiga, Relawan di Riau Tak Khawatir
Anies Baswedan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Berbagai survei menempatkan bakal Calon Presiden (Capres) RI, Anies Rasyid Baswedan di urutan paling bawah atau urutan ketiga.

"Relawan di Riau tak khawatir melihat hasil survei yang menunjukkan Anies Baswedan  di urutan tiga." 

"Logikanya kalau memang survei anies itu turun atau nomor tiga, kenapa upaya penjegalan terhadap beliau terus saja terjadi?" tanya Eddy Akhmad RM, Ketua Tim Anak Negeri Julang Anies ke Istana (TANJAK) Provinsi Riau pada media, Jumat (9/6).

Tak hanya itu, banyak naratif yang mengatakan Anies Baswedan akan semakin anjlok dari capres lainnya, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Eddy Akhmad RM mengaku tidak khawatir sama sekali dengan hasil survei-survei itu.

Eddy yang pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Riau periode 2004-2009 itu menganggap isu-isu yang disebar dan rendahnya hasil survei pada Anies Baswedan merupakan hal yang biasa.

"Biasa, sebagaimana beliau ketika maju sebagai gubernur DKI dulu, ditambah dengan adanya isu gejolak koalisi Nasdem, demokrat dan PKS. Kuat dugaan, hal itu merupakan bagian dari penyuntingan untuk menggagalkan anies baswedan sebagai Capres 2024 mendatang," ujarnya.

Selain itu, lanjut Eddy, isu gejolak dari Partai Koalisi Perubahan yang marak akhir-akhir ini tak lebih dari upaya untuk memecah koalisi dan relawan.

"Setelah gagal memengaruhi partai koalisi perubahan dengan berbagai upaya termasuk menarik AHY sebagai Bacawapres ganjar dan menekan PKS untuk meninggalkan mas anies, sekarang mereka buat isu keretakan di tubuh koalisi perubahan," pungkasnya.

Elektabilitas Anies menurun

Kendati hasil survei elektabilitas masih memposisikan Anies di urutan ketiga, Parpol pengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak khawatir lantaran hal itu wajar terjadi karena Anies sudah sebulan lebih tak bergerilya ke masyarakat. 

Ketua DPP NasDem Willy Aditya justru optimis mengingat Anies belum masuk ke daerah-daerah di Indonesia. 
 
Teranyar, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilisi elektabilitas Capres baik itu Prabowo, Ganjar dan Anies bersaing ketat.

Adapun survei berdasarkan pertanyaan terbuka atau top of mind itu menempatkan Prabowo Subianto dengan perolehan 18,3%, Ganjar Pranowo 16,2%, dan Anies Baswedan 13,1%. 

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilisnya menyebut, elektabilitas Prabowo terus menguat, sementara Ganjar sempat mengalami penurunan di medio Februari-April dan Anies mengalami penguatan namun tidak setinggi Prabowo.

Sementara itu, Partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan pun terus menggodok bakal calon pendamping Anies di Pilpres 2024 mendatang. Setidaknya sudah ada lima nama yang disiapkan untuk mendapingi Eks Gubenur DKI Jakarta itu.
 
Namun, Anggota Tim Delapan dari Partai NasDem Sugeng Suparwoto belum mau menyebutkan siapa saja nama-nama tersebut. Menurutnya, meski sudah ada lima nama mengerucut masih belum ada keputusan final, pertimbangan dan peluang masih terbuka lebar.

Diketahui, dalam rilis Survei LSI mengenai elektabilitas calon wakil presiden dari simulasi 17 nama, Gubernur Jabar menjadi yang teratas dengan 19,5%, disusul Sandiaga Uno, AHY, Erick Thohir hingga Khofifah Indar Parawansa. (*)

Tags : anies baswedan, hasil survei anies baswedan anjlok, anies baswedan urutan tiga, tanjak riau tak khawatir anies baswedan urutan tiga,