Headline Daik Lingga   2024/07/03 9:19 WIB

Warga Berharap Pemerintah Bangun Jembatan Penghubung Antar Pulau Lingga-Dabo Singkep, 'untuk Percepatan Ekonomi, Lalulintas Barang dan Orang'

Warga Berharap Pemerintah Bangun Jembatan Penghubung Antar Pulau Lingga-Dabo Singkep, 'untuk Percepatan Ekonomi, Lalulintas Barang dan Orang'

DAIK LINGGA, RIAUPAGI.COM - Sejumlah warga mengingatkan sekaligus meminta Pemkab Lingga dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau [Kepri] serta pihak terkait, untuk merealisasi komitmen pembangunan jembatan penghubung antara Daik Lingga dan Dabo Singkep.

"Warga berharap pemerintah bangun jembatan penghubung antar pulau untuk mempercepatan perputaran ekonomi, lalulintas barang dan orang."

“Sejak masa Walikota Batam dijabat Nyat Kadir pernah berjanji merealisasikan pembangunan jembatan penghubung antar dua pulau [Daik Lingga-Dabo Singkep sudah diwacanakan, tetapi hingga kini belum dapat terealisasi," kata salah satu warga Lingga, Zakaria menyampaikan belum lama ini.

"Meskipun berada di satu Kabupaten, tapi warga di Lingga dan Dabo Singkep masih terpisahkan dalam dua pulau. Hal ini mengakibatkan sosialisasi dan interaksi kedua warga dari dua pulau ini sepertinya terputus," sebutnya.

Tahun 2017 lalu, dalam salah pertemuan silaturahmi, Nyat Kadir mantan Walikota Batam saat memberikan wacana ingin membangun jembatan penghubung antar dua pulau ini, namun belum terealisasi hingga sekarang.

“Kami tahu ini bukan tupoksi DPD, tapi selaku perwakilan daerah, kami berharap pak senator mau menyuarakan hal ini kepada tidak hanya dijanjikan saja, tapi segera direalisasi pembangunan jembatan penghubung antara Pulau Lingga dan Pulau Dabo Singkep. Agar kami di kedua pulau ini terkoneksi,” kata Muhajir, warga lainnya.

Selain itu, warga Lingga juga mempertanyakan komitmen pemerintah dalam memberikan akses transportasi laut dengan speedboat dan perahu laut lainnya.

Terkait hal ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] Kabupaten Lingga, Seniy dari daerah pemilihan [Dapil2] mengaku akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada pihak dan jajaran terkait.

“Aspirasi ini akan kita sampaikan ke pihak terkait,” kata Seniy.

Selain bertemu dengan warga dalam agenda reses perdanyanya di tahun 2021 yang digelar dibeberapa titik salah satunya di Desa Persiapan Berejung, Kecamatan Bakung Serumpun, pada Rabu 7 April 2021 lalu, Seniy juga mengaku siap menampung segala aspirasi warga.

Jadi warga sangat menginginkan proses pembangunan jembatan penghubung antar dua pulau itu dapat dipercepat dengan mengajak langsung Bupati Lingga M. Nizar S. Sos secara bersama sama turun ke perairan laut Lingga dan menyeberang ke dua pulau menggunakan perahu sederhana, agar dapat merasakan apa yang telah dirasakan yang setiap harinya digunakan masyarakat setempat sebagai alat transportasi. (*)

Tags : Jembatan Penghubung Antar Dua Pulau, Pulau Lingga dan Dabo Singkep, Warga Berharap Pemerintah Bangun Jembatan Penghubung Antar Dua Pulau, Pembangunan Jembatan Percepatan Ekonomi, Lalulintas Barang dan Orang,