News Kota   2023/11/20 10:8 WIB

Warga Diminta Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem, 'yang Dibaringi Hujan dan Kilat Mengintai Daerah Rawan'

Warga Diminta Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem, 'yang Dibaringi Hujan dan Kilat Mengintai Daerah Rawan'
ilustrasi cuaca ekstrem hujan petir

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika [BMKG] Stasiun Pekanbaru mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca di Provinsi Riau, Minggu (19/11/2023).

"Warga diminta waspada terhadap cuaca ekstrem."

"Pagi hari diperkirakan udara akan berawan hingga cerah, namun pada siang-sore, cuaca dapat beralih menjadi cerah berawan hingga berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang melanda sebagian besar wilayah provinsi riau," kata Prakirawan BMKG, Anggun.

Sejumlah daerah, termasuk Kabupaten Rohul, Kampar, Bengkalis, Pelalawan, Kuansing, Siak dan Kota Pekanbaru harus waspada potensi hujan sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang pada siang, sore dan malam hari.

Pada malam hari, cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan, dengan potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah seperti Kabupaten Kampar, Kuansing, Inhu, Bengkalis, Rohul, Rohil dan Kota Pekanbaru.

"Dini hari diharapkan udara masih berawan. Kami mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri menghadapi kondisi cuaca yang mungkin berubah," tuturnya.

Sedangkan untuk suhu udara mencapai puncaknya pada 33 °C, dengan kelembapan udara yang tinggi, berkisar antara 58 hingga 99 persen, menambah intensitas kepanasan.

Tidak hanya itu, arah angin yang bervariasi dari Utara hingga Tenggara dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Sampai saat ini masih ada potensi hujan disertai kilat di daerah rawan. Menurut Sanya Gautami, forecaster BMKG Pekanbaru, sebagian besar wilayah Provinsi Riau berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang pada malam minggu.

Adapun wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Dumai diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada dini hari.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Bengkalis, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, dan Siak, pada sore atau malam hari," sebut Sanya.

Sementara itu, suhu udara diperkirakan berkisar antara 22.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara mencapai 60 – 99%. Angin diperkirakan bertiup dari Utara menuju Tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau disebutkan berkisar antara 0.01 – 0.50 m (Tenang). (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : cuaca ekstrem, lingkungan, waspada cuaca ekstrem, hujan dan kilat mengintai, News Kota,