Pendidikan   2024/06/27 20:54 WIB

Warga Pekanbaru Bisa Awasi PPDB Online SD dan SMP Negeri yang Sudah Daftar Hari Pertama

Warga Pekanbaru Bisa Awasi PPDB Online SD dan SMP Negeri yang Sudah Daftar Hari Pertama

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Pekanbaru berjalan lancar dengan ribuan siswa yang telah mendaftar secara online.

"Proses pendaftaran dimulai pada Rabu 26 Juni 2024 melalui situs resmi https://ppdbpekanbaru.id."

"Pada hari pertama proses pendaftaran siswa SMP melalui PPDB berjalan lancar. Tidak ada kendala dengan website kita," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, mengonfirmasi bahwa pendaftaran berjalan tanpa hambatan teknis, Kamis (27/6).

Menurut data yang dihimpun hingga siang hari kemarin, total 5.836 peserta didik telah mendaftar. Dari jumlah tersebut, 4.735 orang mendaftar melalui jalur zonasi, 451 orang melalui jalur afirmasi, 108 orang merupakan pindahan orangtua, dan 400 orang lainnya mendaftar melalui jalur prestasi.

Jamal juga memberikan himbauan kepada orangtua atau wali siswa yang mengalami kesulitan dengan pendaftaran online agar langsung datang ke sekolah tujuan untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi terkait proses PPDB.

PPDB tingkat SMP Negeri di Pekanbaru dibuka dari tanggal 26 hingga 29 Juni 2024. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 2 Juli, sementara pendaftaran ulang dijadwalkan pada 2 hingga 4 Juli. 

Sementara tahun ini, Kota Pekanbaru melangkah maju dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan menerapkan sistem online untuk tingkat SD dan SMP negeri.

Calon peserta didik dapat mendaftar melalui link yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Abdul Jamal, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, mengungkapkan bahwa penerapan PPDB secara online memungkinkan masyarakat untuk memantau langsung pelaksanaan PPDB melalui situs resmi yang telah disediakan oleh Disdik.

"Artinya, masyarakat dan semua orang bisa turut mengawasi pelaksanaan PPDB yang dilaksanakan secara online," terang Abdul Jamal pada Rabu (12/6/2024).

Penerapan sistem online ini juga bertujuan untuk mencegah praktik suap dan gratifikasi, serta menghindarkan masyarakat dari calo yang menawarkan jasa masuk sekolah negeri dengan cara yang tidak resmi.

"Dengan sistem ini, kita harapkan transparansi dan keadilan dalam proses penerimaan peserta didik dapat lebih terjamin," tambah Abdul Jamal.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya, pendaftaran dapat dilakukan melalui situs https://ppdbpekanbaru.id/.

Link ini akan aktif dan dapat diakses oleh masyarakat saat pendaftaran dimulai pada akhir bulan ini.

Meskipun proses pendaftaran dilakukan secara online, masyarakat masih diberi kebebasan untuk datang ke sekolah guna mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan PPDB.

"Uji coba tahun ini khusus untuk PPDB online tingkat SD, jadi bagi orangtua yang belum familiar dengan cara mendaftar secara online dapat datang ke sekolah untuk mendapatkan petunjuk dari petugas operator," pungkasnya dikutip pekanbaru.go.id.

Dengan adanya sistem PPDB online ini, diharapkan proses penerimaan peserta didik baru di Pekanbaru akan berjalan lebih transparan, efisien, dan bebas dari praktik-praktik yang tidak diinginkan. (*)

Tags : Penerimaan Peserta Didik Baru, Pekanbaru, Warga Awasi PPDB Online SD dan SMP Negeri, Siswa Daftar Melalui PPDB Online,