Artikel   2021/02/01 16:2 WIB

Yufi Hendra Pantas Pimpin PT Riau Potroleum, yang Jadi 'Tulang Punggung Produksi Migas Nasional'

Yufi Hendra Pantas Pimpin PT Riau Potroleum, yang Jadi 'Tulang Punggung Produksi Migas Nasional'
Ir Yufi Hendra

WILAYAH KERJA (WK) Rokan yang dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pertamina Hulu Rokan dinilai masih memiliki potensi cadangan migas yang besar. Untuk itu diperlukan pemimpin di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti PT Riau Potroleum (RP) yang bisa mensukseskan kelola blok tersebut sebagai salah satu langkah utama untuk bisa mensukseskan bagi daerah. 

“Memperhatikan potensi yang ada, maka WK Rokan akan tetap menjadi tulang punggung produksi migas nasional dalam kurun waktu yang lama, melalui lapangan existing, optimalisasi lapangan, optimalisasi metode waterflood, steamflood, serta chemical EOR. Jadi wilayah kerja ini juga akan menjadi andalan untuk mendukung target produksi 1 juta barrel di tahun 2030,” kata H Darmawi Aris SE, Ketua Lembaga Melayu Riau (LMR) tadi ini, Senin (1/2/2021).

Melihat peluang tersebut, SKK Migas berupaya agar masa transisi hingga tahun 2021 dapat berjalan lancar. Darmawi menilai untuk memimpin BUMD tersebut memiliki kriteria untuk menduduki jabatan Dirut PT RP yang baru yaitu pertama memiliki sertifikat keahlian (SKA), sesorang calon juga pernah terjun kelapangan dan menguasai berbagai program perminyakan. "Hal lain kriteria yang harus dipenuhi, yaitu mengerti perubahan paradigma di perminyakan. Yang diperlukan BUMD ini bisa berperan untuk capaian target produksi 1 juta barrel minyak per hari (BOPD) pada tahun 2030. Untuk itu Yufi Hendra sangat memahami soal itu," kata Darmawi.

Potensi cadangan minyak dari WK Rokan diperkirakan masih mencapai 2 miliar barrel, tetapi sesuai dengan program Presiden RI Joko Widodo tahun 2021 akan mengembalikan produksi 1 juta barel. "Upaya tersebut tidak hanya terkait transisi kegiatan operasi produksi. Dalam indentifikasi SKK Migas, ada tanah yang akan menjadi lokasi pemboran namun belum tersertifikasi sebagai milik CPI (Chevron Pacific Indonesia), ada pula tanah yang masih dimiliki masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, kesiapan perizinan mutlak perlu dilalui, sebab peralatan pemboran akan terkendala jika tanah yang menjadi lokasi masih dikuasai pihak lain, ataupun status legalitasnya belum jelas. Sebagai upaya SKK Migas menangani hal tersebut, Darmawi menyampaikan pihaknya saat ini mendorong agar perizinan tetap melekat di operator yang lama. “Melalui ODSP (One Door Service Policy), SKK Migas bersama CPI akan menyelesaikan izin-izin yang masih terbengkalai, hal ini bertujuan agar saat menunggu operator baru masuk, kegiatan operasi tidak terhenti,” ucapnya.

Untuk itu menurut Darmawi lagi, Yufi Hendra yang juga Ketua Asosiasi Migas Riau lulusan Fakultas Teknik Universitas Islam Riau (UIR) ini memiliki pengalaman di bidang perminyakan yang mengerti betuluntuk memajukan PT Riau Potroleum, "jadi problem utamanya adalah pola pikir perusahaan Riau Potrelium nya yang perlu diubah oleh pemimpin baru untuk menjadi customer oriented," katanya. (*)

Tags : Blok Rokan, Proses Alih Kelola Blok Rokan, Produksi Migas Nasional, Calon Direktur PT Riau Potrelium Yufi Hendra ,