Kesehatan   2021/07/18 12:54 WIB

Zaskia Adya Mecca Sembuhkan Anak dari COVID-19

Zaskia Adya Mecca Sembuhkan Anak dari COVID-19

BEBERAPA waktu yang lalu, dua anak Zaskia Adya Mecca, yaitu Kana Sybilla Bramantyo dan Kala Madali Bramantyo, dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Tak hanya itu, sang suami, Hanung Bramantyo, juga bernasib sama.

Zaskia bercerita, ketika Sybill dan Kala terinfeksi COVID-19, dia lebih ekstra dalam merawat kedua buah hatinya tersebut. Terutama soal asupan nutrisi yang dikonsumsi. "Jadi anak-anak aku tanya mereka maunya makan apa. Jadi aku kasih privilege mau makannya apa, supaya mereka lebih selera. Cemilannya juga aku kasih, buah, kebetulan anak-anakku suka salad, jadi kalau ngasih mereka makan sayur enggak gitu sulit," ujarnya saat Webinar Nasional yang digelar PP Muslimat NU dan Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) baru-baru ini dirilis viva.co.id.

Kemudian yang tak kalah penting, ibu lima anak itu memberikan anak-anaknya yang terinfeksi COVID-19 dengan vitamin D. "Jadi khusus waktu kemarin sakit, aku boost banget dengan vitamin tapi vitaminnya yang kaya vitamin D. Karena yang aku denger dari dokter dan penelitian, ternyata untuk dapatkan vitamin D kalau dari berjemur aja enggak cukup. Jadi vitamin D selain dari berjemur, dari makanan, terus harus kita booster juga dengan vitamin," kata dia.

Zaskia lebih lanjut mengatakan, ketika Sybill dan Kala terinfeksi COVID-19, keduanya terus diberikan asupan vitamin. Tidak lupa, konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi lengkap dan tidak diberi obat yang di luar resep dokter. Hasilnya, hanya dalam 3 hari, kedua anaknya sudah jauh lebih sehat. "Dan tiga hari pertama mereka udah jauh lebih sehat. Karena mungkin anak-anak lebih less stress, mereka enggak terlalu banyak pikirin COVID-19 itu seperti apa, berita-berita di WhatsApp Group mereka kan enggak baca. Jadi mereka happy," ungkapnya.

"Kemarin pas kena COVID-19 mereka tetap main karena aku kasih banyak mainan. Terus karena kenanya bareng-bareng ama yang seumurannya, mereka tetep merasa kaya lagi sleep over, jadi mereka jauh lebih cepat pemulihannya," terang dia.

Namun lain hal dengan sang suami. Menurut Zaskia, Hanung Bramantyo jauh lebih lama untuk sembuh dari COVID-19. Bahkan, sutradara ternama itu sampai mengalami post-acute COVID-19 syndrome, terutama yang berhubungan dengan kesehatan mentalnya. "Kalau Mas Hanung ada 10 hari lebih sih. Sepuluh hari bebas COVID-19 tapi setelah itu ada post COVID-19-nya. Kaya ada perasaan-perasaan yang 'aku kemarin ngerasa ditinggalin, ngerasa sendirian, ngerasa diisolasi. Nah, pemulihan emosi itu yang cukup waktu lama kemarin," imbuh Zaskia Adya Mecca. (*)

Tags : viva.co.id, zaskia mecca,