Headline Nusantara   2024/07/07 21:27 WIB

Ziarah Kebangsaan di Makam Soeharto, KNPI: Pemuda Harus Bisa Mengenang Jasa Para Pendahulu

Ziarah Kebangsaan di Makam Soeharto, KNPI: Pemuda Harus Bisa Mengenang Jasa Para Pendahulu
Larshen Yunus,Ketua DPD I KNPI Riau

KARANGANYER - Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Riau, Larshen Yunus melakukan ziarah kebangsaan di makam Soeharto.

"Pemuda Indonesia harus bangga dan bersyukur kepada Presiden ke dua Soeharto atas perhatiannya kepada generasi muda."

"Presiden Soeharto yang merupakan bapak pembangunan, juga merupakan Pembina KNPI yang peduli kepada pemuda," kata Larshen Yunus melalui press release nya, Minggu (7/7/2024).

Ziarah kebangsaan dilakukan bersama Wakil Sekretaris periode 2022-2025 yang disambut Pengurus Yayasan Ibu Tien, Yanto Kumis.

"Organisasi Kepemudaan hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut," kata Larshen.

Ia menjelaskan bahwa presiden Soeharto memiliki jasa besar kepada pemuda.

Ia juga menyampaikan pentingnya pemuda mengingat dan mengenang jasa para pendahulu.

"Kami datang ke sini, memastikan komitmen pemuda dan saya mengajak para pengurus DPD KNPI untuk menjaga komitmen kita dalam melanjutkan niat para pendahulu kita untuk ikut aktif dalam pembangunan bangsa," tandasnya.

Larshen menyatakan, ziarah berkebetulan dalam rangka mensyukuri malam satu Syuro dan Minggu Kliwon pada kalender Jawa Kuno.

"Jadi kami ziarah kubur ke makam mantan Presiden RI, Jenderal (TNI) Bintang 5 H.M Soeharto beserta Ibu Tien dan keluarga Cendana lainnya," sebutnya.

Yanto Kumis, juru kunci makam keluarga besar Presiden RI ke 2 yang menjabat hampir 33 tahun lamanya itu menyambut dengan penuh hangat.

Yanto Kumis menyebut, bahwa pihaknya senang dengan kehadiran para perwakilan pemuda.

Ia menyatakan, makam Jenderal HM Soeharto itu memberi izin seraya mempersilahkan untuk meminum air kendi milik pak Harto sebanyak tiga kali, sebagai bentuk sambutan hangat dari keluarga besar mantan Presiden Soeharto.

"Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran Ketua KNPI Provinsi Riau, saudara Larshen Yunus dan Wakil Sekretaris Aji Panangi, semoga terhadap do'a yang disampaikan berkenan dihadapan-Nya," tutur Yanto Kumis.

Tetapi seperti disebutkan Larshen Yunus, bahwa selain ingin berziarah, pihaknya juga sampaikan do'a terbaik buat para pendiri bangsa.

Ia juga turut mendoakan Ir H SF Hariyanto MT, selaku Penjabat (PJ) Gubernur Riau, kiranya dapat keluar menjadi pemenang pada kontestasi Pilkada serentak di akhir tahun 2024 ini.

"Jujur saja, kami sengaja hadir berziarah ke makam pak Harto. Langsung datang dari Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Kami langsung menuju Kalimantan Timur, yakni ke Kawasan Ibukota Nusantara (IKN)," ungkapnya.

"Kami tetap sama! agar bangsa ini selalu dalam penyertaan-Nya dan KNPI Provinsi Riau menjadi salah satu pelopor dalam menjalankan semangat revolusi mental," sebutnya.

Dia juga menyampakan, dibawah naungan Yayasan Ibu Tien, telah berhasil mengelola lahan Astana Giribangun seluas 9 hektar dan menjadi cagar budaya bagi bangsa ini.

"Ada banyak tauladan yang diambil dari sosok Jenderal Soeharto, Presiden RI terlama menjabat sepanjang sejarah bangsa ini."

"Coba kita renungi bersama, hampir 33 tahun berkuasa dan menjabat sebagai Presiden RI, pak Harto tak pernah melibatkan anak-anaknya, apalagi hanya sekedar keluarga maupun kerabat. Tak pernah kesempatan itu dijadikan aji mumpung, pak Harto memang seorang negarawan," kata dia.

"Sangat berbeda dengan pemimpin kita saat ini, belum genap 10 tahun menjabat, sudah berhasil merubah dan mendikte peraturan hukum, hingga akhirnya berhasil menempatkan anaknya sebagai orang nomor dua, Wakil Presiden RI terpilih saat ini," ujar Larshen Yunus.

Larshen Yunus menambahkan, bahwa kenyataannya selama hampir 10 tahun menjabat, pemimpin saat ini sudah berhasil menjadikan anaknya sebagai Walikota dan menantunya juga menjabat sebagai Walikota.

Kembali Larshen menegaskan, pak Harto sebagai tauladan yang baik. Almarhum contoh pemimpin yang jauh dari kata korupsi, kolusi maupun nepotisme. Pemimpin yang benar-benar egaliter, wujudnyata bung Karno ada pada Presiden Soeharto. (*)

Tags : knpi, komite nasional pemuda indonesia, knpi riau, ketua knpi riau larshen yunus, ziarah kebangsaan, ziarah ke makam soeharto, pemuda mengenang jasa para pendahulu,